121 Gedung di Jakarta Terpasang 135 Alat Water Mist untuk Tekan Polusi Udara

Penampakan Water Mist di Balaikota DKI Jakarta.
Sumber :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham.

Jakarta – Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Pengendalian Pencemaran Udara Pemprov DKI Jakarta, Ani Ruspitawati mengungkapkan, sebanyak 121 gedung tinggi di Jakarta sudah memasang 135 alat penyemprot air atau water mist untuk menekan polusi udara. 

Belum Mampu Atasi Banjir dan Macet di DKI, SPJ beri Rapor Merah Kinerja Heru Budi

"Untuk pemasangan water mist, sudah terpasang 135 water mist di 121 gedung. Ini terbagi, di Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Timur dan Jakarta Utara. Semuanya ada perkembangan pemasangan water mist-nya," ucap Ani Ruspitawati saat konferensi pers di Balaikota DKI Jakarta, Jumat, 6 Oktober 2023.

Alat water mist itu, kata Ani, terpasang di gedung swasta dan gedung milik Pemprov DKI. Ia juga mengungkapkan sebanyak 32 alat unit sedang dalam tahap persiapan pemasangan.

Ketua DPRD Minta Pemprov DKI Perbaiki Kualitas APBD, Singgung Permukiman Kumuh

Juru bicara Satgas Penanganan Pencemaran Udara DKI, Ani Ruspitawati

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

"Alat water mist terpasang di gedung pemerintah, maupun gedung swasta. Dan ada 32 unit lagi yang dalam tahap persiapan. Mudah-mudahan minggu depan sudah bisa bertambah yang 32 unit," ucap Ani.

Heru Budi Pastikan Pelayanan Publik Tetap Berjalan Optimal Usai Cuti Lebaran

Ani menegaskan bahwa pemasangan alat water mist di gedung-gedung tinggi di Ibu Kota sudah sesuai dengan anjuran dari Menkomarinves, Luhut Binsar Pandjaitan. 

"Sesuai dengan anjuran bapak Menkomarinves sampai saat ini terus mengimbau agar semua gedung-gedung tinggi di atas 8 lantai yang ada di Jakarta, mulai melakukan pemasangan water mist," katanya.

Ani kemudian menjelaskan bahwa penggunaan alat water mist dibagi menjadi dua tahap. Pertama, alat water mist akan menyemprotkan air pada pagi hari mulai pukul 09.00 sampai 11.00 WIB. Kemudian, sore hari pada pukul 17.00 sampai 19.00 WIB.

"Penyiraman jalan-jalan di protokol saat ini masih terus dilakukan paralel dengan pemasangan water mist di Jakarta sudah cukup luas," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya