Hampir 2 Ribu Aparat Gabungan Dikerahkan Kawal Putusan Usia Capres Cawapres di MK

Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

Jakarta - Sebanyak 1.992 personel diterjunkan di gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Gambir, Jakarta Pusat, Senin hari ini. Pengawalan ekstra itu untuk mengamankan sidang pembacaan putusan perkara gugatan batas usia calon presiden dan calon wakil presiden.

DKPP Terima Ratusan Pengaduan Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu sepanjang 2024

"Personel yang melaksanakan pengamanan sejumlah 1.992 personel," ujar Kepala Bidang Hubugan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Senin 16 Oktober 2023.

Ilustrasi suasana sidang di Mahkamah Konstitusi.

Photo :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
Ganjar Nyatakan Jadi Oposisi, Ganjarist: Ini Menunjukkan Beliau Tidak Mencla-mencle

Adapun ribuan personel itu merupakan personel gabungan baik Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, hingga TNI dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Trunoyudo menyebut, personel gabungan bakal memastikan pembacaan putusan berjalan lancar. Dia meminta seluruh elemen masyarakat menjaga ketertiban.

"Polda Metro Jaya akan melaksanakan proses pengamanan di Gedung MK pada kegiatan tersebut, dan menghimbau kepada seluruh elemen turut serta menjaga ketertiban dan keamanan pra, saat dan pasca keputusan tersebut," kata eks Kabid Humas Polda Jawa Timur tersebut. 

Oposisi Diperlukan agar Ada yang Mengingatkan kalau Ada Penyimpangan, Menurut Pakar BRIN

Untuk diketahui, MK dijadwalkan akan menggelar sidang dengan agenda membacakan putusan gugatan uji materi UU Pemilu terkait batas usia capres-cawapres. Sejumlah pihak mengajukan gugat terkait UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu yaitu Pasal 169 huruf q. 

Putusan Mahkamah Konstitusi

Photo :
  • VIVA

Gugatan soal batas usia capres-cawapres ini disorot publik karena di tengah persiapan Pemilu 2024. Langkah sejumlah pihak mengajukan gugatan itu dispekulasikan untuk kepentingan politik putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

Nama Gibran menguat belakangan masuk bursa bakal cawapres untuk Prabowo Subianto. Wali Kota Solo itu juga terus didorong sejumlah pengurus daerah di Gerindra untuk berduet dengan Prabowo di 2024.

Langkah gugatan itu memantik reaksi publik. Banyak kritikan karena mengingat status Gibran adalah anak dari Presiden. Selain itu, jika MK kabulkan gugatan tersebut dikhawatirkan akan memunculkan praktik dinasti politik jelang berakhinya masa jabatan Jokowi sebagai RI-1.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya