Ricuh Demo Tuntut Kenaikan UMP Rp5,6 Juta di Balai Kota DKI, Seorang Buruh Diangkat Polisi

Aksi massa buruh tuntut kenaikan UMP di Balai Kota DKI.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta - Aksi demo sekelompok buruh yang menuntut kenaikan upah minimum provinsi (UMP) di depan Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa, 21 November 2023 berujung ricuh. Para buruh merusak dan mencopot pagar Balai Kota DKI Jakarta.

Tokoh Agama Papua: Jangan Ikut Ajakan Sesat Aksi Demo 1 Mei, Pihak Tidak Bertanggungjawab

Pantauan VIVA, para buruh tak hanya merusak pagar tapi juga berupaya menerobos pagar Balai Kota DKI Jakarta. Mereka memaksa bertemu Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi untuk membahas UMP yang rencananya disahkan hari ini.

Melihat aksi para buruh yang semakin ricuh, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro turun tangan. Dia menaiki mobil komando dan mengimbau para buruh untuk meninggalkan lokasi.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Aksi massa buruh tuntut kenaikan UMP di Balai Kota DKI.

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Susatyo beralasan, para buruh harus mundur dan menghentikan aksi lantaran sudah merusak fasilitas Pemprov DKI.

Prabowo Larang Pendukungnya Demo di MK, Demokrat Beri Pujian: Negarawan dan Komitmen Tinggi

"Karena sudah merusak fasilitas, saya minta bubarkan diri," kata Susatyo.

Meski begitu, instruksi Susatyo tak diindahkan. Para buruh justru menantang dan duduk di tengah jalan. Sementara, di seberangnya ada mobil water cannon yang sudah bersiaga. Pun, puluhan anggota polisi membentuk barikade.

Namun, ada seorang buruh yang tetap duduk di tengah jalan tanpa mengindahkan instruksi Susatyo. Akhirnya, buruh tersebut pun diangkat dua anggota polisi agar mundur. 

Sementara, salah seorang buruh yang jadi orator tetap menyuarakan suaranya. Dia mengaku kecewa lantaran tak bisa bertemu dengan Heru Budi untuk membahas soal UMP. 

"Ini sejarah kita bahwa tahun 2023 ini dalam memperjuangkan upah minimum provinsi kita tidak bisa bertemu dengan Pj Gubernur yang namanya Heru Budi," ujar orator.

"Kita telah diadu domba oleh Pak Heru," lanjut sang orator.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya