Polisi Siapkan Pengalihan Arus Lalu Lintas terkait Debat Pilpres 2024

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro
Sumber :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia bakal menggelar debat pemilihan presiden (pilpres) perdana yang akan digelar di halaman kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Selasa, 12 Desember 2023.

Prabowo Belum Ketemu PKS, Gerindra: Nggak Ada Hambatan Psikologis, Kemungkinan Soal Teknis

Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro menyebutkan, sudah menyiapkan pengalihan arus lalu lintas baik untuk tamu undangan maupun tamu simpatisan dari masing-masing paslon yang non-undangan. 

"Berdasarkan pengalaman kemarin, ada juga massa lain yang non undangan yang ingin menyemarakkan kegiatan malam hari ini. Tentunya kami akan memisahkan, baik itu massa dengan undangan baik itu dengan non undangan," ujar Susatyo kepada wartawan di depan Kantor KPU, Selasa, 12 Desember 2023.

KPU Prediksi Jumlah Calon Kepala Daerah dari Perseorangan Menurun

Susatyo menjelaskan, jalur depan KPU akan disiapkan untuk jalur pasangan calon presiden dan wakil presiden. Sementara, untuk massa non-undangan akan dipusatkan di Jalan Imam Bonjol dari arah HI ke arah Jalan Diponegoro. 

Gedung KPU (Komisi Pemilihan Umum)

Photo :
  • vivanews/Andry Daud
KPU Bantah Gelembungkan Suara Sejumlah Partai di Intan Jaya Papua

Susatyo menyebutkan, pengalihan arus dari arah Bundaran HI ke Jalan Imam Bonjol akan dialihkan ke Agus Salim maupun jalan Pamekasan.

"Sementara arus lalin dari arus Diponegoro, itu akan kami alihkan, baik itu ke jalan Cokroaminoto ataupun ke arah Rasuna Said. Kemudian juga perempatan Imam Bonjol dengan Diponegoro juga Cokroaminoto sampai nanti ke Taman Untung Suropati sehingga apabila ada kendaraan yang akan masuk ataupun keluar," ujarnya.  

Sebelumnya, ada sebanyak 2.000 personel diterjunkan guna mengawal jalannya debat perdana calon presiden dan wakil presiden (Capres-Cawapres) di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini, Selasa, 12 Desember 2023.

"Seluruh personel yang dilibatkan dalam proses pengamanan ini ada sebanyak 2000 personel," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Senin, 11 Desember 2023.

Mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur tersebut mengungkapkan, 2.000 personel itu terdiri dari tujuh satuan tugas (satgas). Pertama preemptif, lalu preventif, serta satgas gakkum (penegakan hukum). Dia menyebutkan, pihaknya pin menyiagakan rekayasa lalu lintas di sekitar kawasan Kantor KPU sejak pukul 15.00 WIB.

"Terdiri dari 7 satgas, satgas preemptif, preventif, kemudian satgas kamsotib jalantas dan juga adanya satgas tindak dan satgas gakkum serta serta satgas humas," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya