Sultan Rif’at Korban Kabel Menjuntai Diizinkan Pulang dari RS Polri, Begini Kondisinya

Pasien kecelakaan kabel fiber Sultan Rif'at sudah diperbolehkan pulang dari RS
Sumber :
  • dok Polri

Jakarta - Kepala Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Brigjen Hariyanto mengatakan, pasien kecelakaan kabel fiber bernama Sultan Rif’at sudah diizinkan pulang sejak dua minggu lalu. Menurut dia, Sultan telah dirawat selama 4 bulan sehingga sekarang bisa melakukan rawat jalan.

Menteri Kontroversial Israel Kecelakaan, Mobilnya Terbalik Usai Terobos Lampu Merah

“2 minggu lalu, Ananda Sultan sudah diperbolehkan untuk rawat jalan. Berat badan pertama saat masuk rumah sakit 46,5 kg. 2 minggu lalu saat keluar sudah 56 kg, dan selama 2 minggu di rumah saat ini berat badannya sudah 61 kg,” kata Hariyanto di RS Polri pada Selasa, 12 Desember 2023.

Mahasiswa bernama Sultan Rifat Alfatih yang terjerat kaber fiber optik

Photo :
  • Istimewa
Klinik Blastula IVF Siloam Hospitals Lahirkan Program Bayi Tabung ke 300

Ia menjelaskan penanganan Sultan ini melibatkan tim dari rumah sakit sebelumnya yang merawat, yakni Rumah Sakit Fatmawati dan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Selain itu, melibatkan ahli dari berbagai bidang spesialisasi diantaranya spesialis THT, bedah rekonstruksi, estetika dan lainnya.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Kapolri serta pimpinan Polri yang telah men-support secara penuh perawatan Ananda Sultan dari awal sampai akhir, termasuk pembiayaan didukung oleh Polri,” ujarnya.

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

Menurut dia, perawatan terhadap Sultan di Rumah Sakit Polri meliputi perbaikan keadaan umum untuk mempersiapkan tindakan operasi, termasuk konsultasi psikiatri dan psikolog. 

“Kedua adalah tindakan operasi yang telah dijalani, kemudian tindakan pasca operasi termasuk speech, terapi bicara yang nantinya akan menggunakan suara perut oleh ahli fisioterapi nanti akak dilakukan secara rawat jalan,” jelas dia.

Sementara Ketua Tim Penanganan, dr. Yosita Rahman menjelaskan Sultan sudah bisa makan pada 16 November 2023. Setelah dilakukan pemantauan dan membaik semuanya, maka Sultan sudah diizinkan untuk pulang ke rumahnya.

“Alhamdulillah, saat ini pasien sudh dapat makan bubur dengan baik, berat badan sudah naik jadi 61 kg, pasien bisa bicara menggunakan elektrolaring dan pasien gizinya sudah menjadi gizi cukup, serta luka di lehernya telah sembuh. Bismillah, mudah-mudahan Sultan dapat kembali bisa beraktivitas,” ungkapnya.

Mahasiswa Sultan Rif’at Al Fatih, Korban terjerat Kabel fiber optik

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito

Keluarga Ucapkan Terima Kasih untuk Kapolri

Sementara Ayah Sultan, Fatih Nurul Huda menyampaikan terima kasih kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo serta jajarannya yang telah memberikan atensi pengobatan terhadap Sultan karena kecelakaan lalu lintas pada 5 Januari 2023.

“Kami ucapkan sekali lagi terima kasih kepada seluruh jajaran Polri dan masyarakat Indonesia yang sudah memberikan dukungan. Kami dapat atensi yang luar biasa dari Pak Kapolri, sehingga Alhamdulillah tanggal 27 November kemarin anak saya dapat kesempatan untuk pulang, mulai transisi di rumah walau masih pengawasn rumah sakit,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya