Operasi Lilin Jaya, 4.041 Personel TNI-Polri Dikerahkan Amankan Natal dan Tahun Baru

Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

Jakarta – Sebanyak 4.041 personel gabungan TNI, Polri dan pemerintah provinsi dikerahkan untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Pengamanan dengan nama Operasi Lilin Jaya 2023 ini berlangsung selama 12 hari mulai 22 Desember 2023 sampai 2 Januari 2024.

Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berpikir Panjang

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto mengatakan, pihaknya akan fokus melakukan pengamanan di rumah-rumah ibadah. "Itu yang menjadi salah satu concern kami tadi bahwa tempat ibadah ini kan tempat kumpulnya orang banyak," ujar Karyoto di Polda Metro Jaya, Senin, 18 Desember 2023. 

Karyoto dalam pelaksanaannya memerintahkan Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) untuk memetakan titik-titik rawan di tiap wilayah. Para kapolres juga diminta untuk melakukan sterilisasi rumah ibadah untuk mengantisipasi adanya ancaman teror bom.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Foe Peace Simbolon

"Yang paling penting, screening. Kalau dilaksanakan dengan baik, kita bisa mencegah orang-orang membawa barang yang berbahaya seperti mungkin bom," ujarnya. 

Akun TikTok Disita, Polisi Pastikan Galih Loss Belum Dapat Untung dari Kontennya

Selain pengamanan rumah ibadah, Karyoto menyebutkan, pihaknya juga menyiapkan rekayasa lalu lintas. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi terjadinya kemacetan selama masa libur Natal dan Tahun Baru atau Nataru.

"Misalnya dalam keadaan H-2 dan H-1, sudah ada kepadatan yang luar biasa mungkin kami melakukan contraflow di jalan tol," ujar Karyoto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya