Praperadilan Firli Bahuri Ditolak, Ini Respons Polda Metro Jaya

Praperadilan Firli Bahuri Ditolak PN Jaksel
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Kepala Bidang Hukum (Kabidkum) Polda Metro Jaya Kombes Pol Putu Putera Sadana mengapresiasi hasil sidang putusan praperadilan Ketua non-aktif Komisi Pemberantasan Korupsi (KPKFirli Bahuri, terkait kasus dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Direktorat Kementan Kumpulkan Rp 1 Miliar Biayai SYL Kunker ke Arab Saudi Sekalian Umrah

"Ini merupakan sebuah momen yang mana kita sudah melihat hasil putusan sidang praperadilan, sebuah proses yang panjang tentunya," kata Putu kepada wartawan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Selasa, 19 Desember 2023.

Maka itu, kata dia, Polda Metro Jaya akan melanjutkan kasus Firli Bahuri ke tahap penyidikan berikutnya. Putu mengatakan kasus Firli akan ditangani oleh Direktorat Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya.

Mantan Anak Buah SYL Sebut Kementan RI Bela-belain Bayar Rp 1 M Buat Sewa Private Jet

Praperadilan Firli Bahuri Ditolak PN Jaksel

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Dan kita akan melanjutkan proses penyidikan ke tahap berikutnya, yang di mana otoritas tersebut dimiliki oleh penyidik Direktorat Kriminal Khusus Polda Metro Jaya," kata Putu.

SYL Bayar Gaji Pembantu Rp35 Juta di Makassar Pakai Uang Hasil Memalak Pejabat di Kementan

"Sepengetahuan kami sudah diserahkan kepada pihak kejaksaan. Namun, harus ditanyakan langsung kepada direktur kriminal khusus," katanya menambahkan.

Putu pun menilai proses hukum yang dijalani oleh Firli Bahuri sudah sesuai dengan prosedur yang berlaku. Ia mengatakan proses Firli Bahuri tak ada lagi proses hukum yang dapat ditempuh setelah praperadilan Firli ditolak.

"Hukum yang mengatur terhadap proses mulai dari penyelidikan hingga penyidikan pada tahap penetapan tersangka sudah sesuai aturan yang berlaku di Indonesia. Tidak ada upaya hukum lagi untuk melaksanakan putusan praperadilan hari ini," ujarnya.

Sebelumnya, Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan menolak praperadilan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) non-aktif, Firli Bahuri terkait kasus dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

"Menyatakan praperadilan oleh pemohon tidak dapat diterima," kata Hakim tunggal Imelda Herawati di dalam ruang sidang PN Jakarta Selatan, Selasa, 19 Desember 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya