Strategi Kombes Latif dan Anak Buah Buat Lancar Arus Mudik Natal dan Tahun Baru

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengecek pengamanan arus mudik
Sumber :
  • Dok Ditlantas Polda Metro Jaya

Jakarta - Jajaran Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah melaksanakan penyekatan kendaraan truk sumbu 3 sejak Jumat, 22 Desember pukul 00.00 WIB hingga saat ini. Penyekatan dilakukan dalam rangka Operasi Lilin guna membuat arus kendaraan libur natal 2023 dan tahun baru 2024 berjalan lancar.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Adapun penyekatan dilakukan di tujuh titik yakni Ramp Cikunir 1, Ramp Cikunir, Gate Tol Rorotan Cakung, Gate Tol Cakung 2, KM 29 Tol Cikampek, dan KM 39 keluar Tol Cikarang barat dari Bekasi Kabupaten.

Ditlantas Polda Metro Jaya melakukan penyekatan kendaraan truk sumbu 3

Photo :
  • Dok Ditlantas Polda Metro Jaya
Akun TikTok Disita, Polisi Pastikan Galih Loss Belum Dapat Untung dari Kontennya

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman mengatakan, penyekatan kendaraan truk sumbu 3 pada arus mudik natal akan selesai hingg Minggu, 24 Desember 2023 pukul 00.00 WIB.

"Adapun total personel pengamanan lalu lintas yang dikerahkahkan sejumlah kurang lebih 200 personel," kata Latif dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 23 Desember 2023.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Latif menuturkan, penyekatan dan pengalihan arus dilakukan kepada truk sumbu 3 yang masih tidak mengikuti peraturan SKB.

Berdasarkan pengamatan anggota di lapangan, kepadatan terjadi di tol layang MBZ sejak pukul 08.00 WIB mengekor hingga KM 11 Cikampek. Untuk itu, petugas melakukan buka tutup di tol layang MBZ.

"Pada Sabtu tanggal 23 Desember 2023 MBZ telah diberlakukan buka tutup sebanyak dua kali, Yakni Pukul 08.00-09.00 WIB dan 12.15-13.20 WIB. Petugas akan membuka tol arah MBZ bila jalur tersebut telah lenggang dan aman dilintasi," katanya.

Ditlantas Polda Metro Jaya melakukan penyekatan kendaraan truk sumbu 3

Photo :
  • Dok Ditlantas Polda Metro Jaya

Selain itu, pihaknya juga melakukan diskresi dengan menerapkan contraflow sepanjang 29 KM dari KM 36 hingga KM 65. Hal ini dilakukan agar melancarkan arus mudik libur natal dan tahun baru.

"Contraflow ini dibuat agar mengurangi sumbatan dan hambatan yang terjadi pada km 40 yakni pertemuan antara keluar tol layang MBZ dengan tol jalur bawah Cikampek serta menghindari kepadatan di rest Area KM 57," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya