Rekonstruksi Pembunuhan 4 Anak di Jagakarsa, Tersangka Peragakan 42 Adegan

Tersangka Panca saat rekontruksi di rumah kontrakan, Jagakarsa, Jaksel.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

Jakarta – Polres Metro Jakarta Selatan telah rampung melakukan rekonstruksi pembunuhan empat anak kandung hingga dugaan kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Dalam rekonstruksi itu, tersangka Panca Darmansyah memperagakan 42 adegan. 

Kata-kata Terakhir Korban Alek Sebelum Tewas Dibunuh Secara Sadis

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Bintoro mengatakan bahwa dari 42 adegan tersebut semuanya melingkupi kasus pembunuhan hingga KDRT yang dilakukan oleh Panca. "Penyidik Polres Metro Jaksel melaksanakan 42 adegan rekonstruksi," ujar Bintoro di lokasi rekosntruksi, Jumat, 29 Desember 2023.

Bintoro menjelaskan bahwa upaya rekonstruksi itu dilakukan demi membikin terang gambaran kasus pembunuhan terhadap empat anak kandung Panca.

Polwan Polres Depok Temui Gibran Anak Viral Nangis Kelaparan di Bojonggede, Ini yang Dilakukan

Panca Darmansyah Jalani Rekonstruksi Pembunuhan 4 Anak di Jagakarsa

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Tujuan rekonstruksi ini untuk memberikan gambaran yang jelas terhadap tindak pidana yang terjadi dan juga akan kami jadikan alat bukti tambahan di dalam memberikan masukan dan membuat terang tindak pidana yang terjadi," kata dia.

Bikin Mewek, Megumi Masih Ingat Saat Desta dan Natasha Rizky Berantem

Perwira menengah itu menjelaskan, puluhan adegan yang sudah diperagakan Panca itu dilakukan secara teratur. Mulai dari dugaan KDRT ke istri hingga membunuh empat anak kandungnya. "Jadi untuk KDRT ada 10 adegan sementara sisanya sebanyak 32 adegan adalah kasus pembunuhan," ujar Bintoro.

Motif Tersangka

Motif Panca menghabisi nyawa keempat anaknya terungkap. Usut punya usut, Panca tega membunuh anaknya karena dilatarbelakangi rasa cemburu terhadap istrinya, D.

“Sudah kami amankan motif tersangka P ini melakukan perbuatan keji tersebut adalah karena cemburu, cemburu kepada istrinya saudari D,” ucap Kapolres Metro Jakarta Selatan, Komisaris Besar Polisi Ade Ary Syam Indradi kepada wartawan, Selasa 12 Desember 2023.

Tapi, dia tak merinci apa yang memicu rasa cemburu Panca tersebut. Ade mengatakan, pihaknya masih fokus atas kasus pembunuhan keji itu. “Ya sementara kami masih fokus pemenuhan alat bukti kasus pembunuhan ya,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya