Detik-detik Malam Pergantian Tahun, Imigrasi Catat 9 Penerbangan Tiba di Bandara Soetta

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta, Subki Miuldi
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

Tangerang - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta mencatat, sebanyak 9 penerbangan tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, pada detik-detik pergantian tahun 2023 ke 2024.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Sembilan penerbangan itu terdiri dari 3 penerbangan di area kedatangan Terminal 3, dan 6 penerbangan di area kedatangan Terminal 2.

Kondisi ini pun, menjadi perhatian petugas di bandar udara, terutama keimigrasian lantaran pergerakan perlintasan baik WNA dan WNI di Bandara Soetta akan mengalami peningkatan.

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

"Saat seperti inilah menjadi rawan terhadap usaha-usaha pelanggaran keimigrasian, karena perlintasan memasuki masa puncaknya dari libur nataru, ini yang harus diantisipasi," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta, Subki Miuldi, Senin, 1 Januari 2024.

Area auto gate Imigrasi Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)
Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional RI Jadi 17, Simak Daftarnya

Alhasil, pihaknya melakukan siaga penuh dan pengetatan selama periode Natal dan tahun baru (nataru). Seluruh anggota Bidang TPI disiagakan selama periode libur nataru yang telah dimulai sejak 15 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.

Untuk mendukung hal tersebut, jajarannya pun turun langsung ke lapangan untuk melakukan pengawasan sekaligus memberikan motivasi kepada petugas. Terutama area auto gate, untuk melihat antrean dan proses pemeriksaan yang dilakukan otomatis.

"Kita cek dan melakukan pendampingan pelintas autogate, hingga pengaturan antrean secara langsung," ujarnya.

Ia pun secara langsung melakukan pemeriksaan paspor terhadap Warga Negara Indonesia (WNI) pelintas pertama yang memasuki wilayah Indonesia di tahun 2024.

"Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat lebih memahami beban kerja yang dipikul oleh petugas Imigrasi dalam menjaga amanah kedaulatan negara," ujarnya.

Sementara itu, Tiwi, salah satu pelintas pertama yang masuk ke Indonesia di tahun 2024 melalui Bandara Soetta mengaku terkejut, dengan pemeriksaan yang dilakukan langsung oleh petinggi keimigrasian di Bandara Soetta.

"Saya cukup kaget ya, tadinya tidak terlalu engeh (sadar) kalau yang memeriksa paspor saya tadi kepala kantornya, jadi saya merasa bangga. Dan dengan pemeriksaan yang makin canggih ini, saya juga makin bangga, karena gak repot antre lama-lama," ucapnya.

Sebelumnya diinformasikan terdapat 13.257.357 perlintasan sepanjang 1 Januari – 20 Desember 2023 melalui TPI Soekarno-Hatta. Meningkat 78 persen sejak tahun 2022 yang lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya