Pj Gubernur Banten Koordinasi ke Kementerian PUPR Soal Luapan Kali Angke

Pj Gubernur Banten, Al Muktabar.
Sumber :
  • Dok. Pemprov Banten.

Banten - Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar menindaklanjuti terkait dengan banjir yang kerap muncul akibat luapan Kali Angke.

Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23

Ia melakukan koordinasi ke Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), terkait dengan penanganan Kali Angke yang membentang dari wilayah Jakarta ke Tangerang.

"Kita akan koordinasi ke pemerintah pusat, dewan lembaga yang terkait titik-titik yang memang kewenangannya ada di nasional seperti PUPR, Basarnas," katanya usai peresmian Jembatan Cisadane Kota Tangerang oleh Presiden Joko Widodo, Senin, 8 Januari 2024.

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar

Photo :
  • Pemprov Banten

Pihaknya pun mendorong Pemerintah Pusat untuk menyelesaikan proyek strategis nasional, termasuk pembangunan turap di Kali Angke.

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

"Ada banyak projek strategis nasional yang mendorong atau menyelesaikan secara proyek nasional dan kita menyisir bagian bagian kewenangan kabupaten atau kota," ujarnya.

Dia melanjutkan, bukan cuma koordinasi ke pemerintah pusat, namun beberapa upaya juga dilakukan pihaknya, seperti berkoordinasi  dengan kabupaten dan kota di wilayahnya yang masih terdampak banjir untuk melakukan penanganan yang bisa dilakukan.

"Untuk di Provinsi Banten sendiri berdasarkan kewenangan dan mayoritas penanganan banjir ini kita sudah memprioritaskan segala upaya yang kita bisa intervensi kan ke kabupaten dan kota, serta sifat kerjanya provinsi apa bila lintas wilayah," katanya.

"Kami juga minta, kepada masyarakat karena ini diperlukan kesadaran bersama jadi selokan-selokan yang bisa kita lakukan untuk dirapikan diperbaiki sudah dilaksanakan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya