Daerah Petir Tangerang Banjir, Warga Desak Pemerintah Pusat Tuntaskan Penanganan Kali Angke

Banjir melanda perumahan Kelurahan Petir, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang
Sumber :
  • Sherly

Tangerang - Korban banjir yang terjadi di Kelurahan Petir, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, meminta adanya penanganan yang dilakukan oleh pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mengatasi banjir akibat luapan Kali Angke. 

Anies Sebut PKS Sedang 'Galau'

Ketua RW 06, Achmad Sujai mengatakan, banjir akibat luapan Kali Angke setiap tahunnya pasti terjadi. Setiap terjadi banjir, di RT 02 ketinggian bisa mencapai 120 cm dengan warga terdampak sekitar 150 keluarga, sedangkan di RT 03 ketinggian bisa mencapai 90 cm dengan 42 keluarga terdampak. 

"Kami berharap Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian PUPR untuk menuntaskan penanganan pada luapan Kali Angke. Walau kami tahu, beberapa waktu lalu sudah dilakukan penurapan, tapi sampai saat ini luapan masih terjadi," katanya, Senin, 8 Januari 2023. 

Kasus Temuan Mayat Bayi Tanah Abang, Polisi Tangkap Orang Tua

Banjir melanda perumahan Kelurahan Petir, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang

Photo :
  • Sherly

Hal ini juga dikeluhkan Rohman. Di mana, banjir tersebut sudah sering terjadi di kawasan setempat. 

NasDem Mau Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran, Surya Paloh: Kita Sadar Diri

"Banjir sudah sering terjadi, makanya harapannya agar turap Kali Angke bisa ditinggikan, agar bisa menampung debit air di Kali Angke terutama ketika hujan dan sebisa mungkin ditinggikan juga," ujarnya. 

Sebelumnya, hujan deras yang mengguyur wilayah Jabodetabek menyebabkan sejumlah titik di Daerah Aliran Sungai (DAS) Angke banjir. Sebanyak 250 Kepala Keluarga pun, harus dievakuasi lantaran banjir merendam rumah warga dengan ketinggian 60 sentimeter. 

Dalam hal ini, Pemerintah Kota Tangerang berupaya mengurangi debit air dengan melakukan penyedotan pompa air yang mana saat ini sudah berangsur surut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya