Ribuan Aparat Keamanan Jaga Aksi PA 212 dan Ormas Lain Depan Kedubes AS

Aksi bela Palestina di depan Kedubes AS.
Sumber :
  • istimewa

Jakarta - Polri menerjunkan ribuan personel gabungan dalam rangka pengamanan Aksi Gabungan Tripilar (Front Persatuan Islam, Aqsa Working Group, Majelis Ormas Islam, Koalisi Indonesia Bela Baitul Maqdis, GNPF Ulama dan PA 212), hari ini, Sabtu 13 Januari 2024, di depan Kedubes Amerika Serikat.

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Besar Polisi Susatyo Purnomo Condro, menyebut dalam mengamankan aksi dari tersebut, Korps Bhayangkara menyiapkan personel sebanyak 1391. Mereka merupakan personel gabungan yang terdiri dari Polri, TNI dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Kami siapkan 1391 personil gabungan untuk mengamankan aksi ini, nantinya personil akan ditempatkan di sejumlah titik, diantaranya depan Dubes AS, Patung Kuda, Istana Negara, Bundaran HI, Patung Tani, lapangan Banteng dan Harmoni," kata dia, Sabtu 13 Januari 2024.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Kata dia, massa yang bakal melakukan aksi di depan Kedubes AS nantinya akan memenuhi Jalan Medan Merdeka Selatan dan sekitarnya. Sehingga, lanjut Susatyo, pihaknya bakal melakukan penutupan jalan di depan Kedubes AS maupun di Patung Kuda Arjuna Wiwaha.

"Untuk arus lalu lintas dari arah patung Tani yang akan menuju Jl. Merdeka Selatan kita arahkan lurus menuju Jl. Merdeka Timur, kemudian arus lalu lintas dari Patung kuda yang akan mengarah ke Jl. Merdeka Selatan kita tutup dan diarahkan ke arah Harmoni," katanya.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Eks Kapolsek Metro Gambir, ini mengimbau kepada masyarakat yang akan beraktivitas dan melintas di Jalan Merdeka Selatan untuk menghindar dan mencari jalan alternatif. Dalam pengamanan ini, lanjutnya, kepada anggota diminta untuk selalu mengedepankan sikap persuasif dan humanis.

"Nanti peserta aksi banyak ibu ibu dan anak anak, untuk itu kita akan lakukan pengamanan ini dengan persuasif dan tentunya dengan humanis. Kita menghimbau kepada koordinator aksi dan semua peserta aksi untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban, lakukan aksi dengan santun dan damai," katanya lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya