Waspada Banjir, Pintu Air Angke Hulu Siaga 3 pada Senin Dini Hari

Pintu Air Depok Siaga 2, waspada banjir kiriman di Jakarta
Sumber :
  • VIVA/Zahrul Darmawan

Jakarta – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan terkait kenaikan status Pintu Air Pos Angke Hulu, menjadi waspada atau siaga 3 pada Senin, 29 Januari 2024, dini hari.

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Dikutip dari laman resmi BPBD DKI Jakarta, Senin, tinggi muka air Pintu Air Pesanggrahan pada pukul 02.00 WIB berada pada posisi 180 sentimeter (cm) atau berstatus Siaga 3 dengan kondisi terang.

Kenaikan tinggi muka air tersebut terjadi sejak pukul 00.00 WIB dengan tinggi 175 cm. Kemudian pada pukul 01.00 WIB, debit air naik dengan tinggi 180 cm. 

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

BPBD DKI mengimbau kepada masyarakat di sekitar wilayah Kembangan Selatan, Duri Kosambi, Kembangan Utara, Rawa Buaya, Cengkareng Timur, Kedaung Kaliangke, Kapuk, Kamal Muara, Kapuk Muara waspada banjir.

Upaya antisipasi juga telah dilakukan BPBD DKI Jakarta, seperti penyebaran informasi melalui media sosial, melalui Sistem Peringatan Dini Bencana (DEWS) dan pemberitahuan kepada camat dan lurah.

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

Selain itu, dalam keadaan darurat, masyarakat diimbau untuk menghubungi pusat informasi (call center) Jakarta Siaga pada nomor 112.

Sementara Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan mengguyur sebagian besar wilayah di Indonesia, termasuk Jakarta dan sekitarnya pada Senin.

Menurut prakiraan BMKG, sebagian wilayah Jakarta, Jakarta Timur, Jakarta Selatan dan Jakarta Barar akan diguyur hujan ringan pada siang hari dan cerah berawan di sore hari. Sedangkan Jakarta Pusat diperkirakan cerah berawan.  
  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya