Irjen Karyoto Beri Pesan ke Anak Buah yang Amankan TPS: Jangan Lakukan Hal-hal Kontraproduktif

Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Karyoto.
Sumber :
  • Viva.co.id/ Foe Peace Simbolon

Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto mengimbau seluruh personel gabungan yang terlibat pengamanan proses pemungutan dan perhitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) bertugas sesuai prosedur hingga cermat.

Komjen Fadil Pimpin Pengamanan Ajang World Water Forum di Bali, 5.791 Polisi Dikerahkan

“Koordinasi selalu dengan petugas di TPS, jangan lakukan hal-hal kontraproduktif yang dapat menyudutkan institusi Polri maupun TNI,” ujarnya, Selasa, 13 Februari 2024.

Dia mengingatkan, semua personel tetap menjaga netralitas. Mereka diminta menjauhi tindakan yang merusak institusi lantaran dianggap berpihak kepada salah satu pasangan calon (paslon) atau partai politik. 

Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar: Saya Ambil Hikmahnya PDIP Nyungsep

“Hindari juga tempat-tempat sekiranya adalah bagian dari unsur tim pemenangan, salah satu paslon. Cermati tempat dimana anggota akan tinggal menginap atau sekedar duduk minum kopi, dan jangan berbicara yang mengarahkan dukungan atau menjatuhkan elektabilitas salah satu paslon atau partai politik,” katanya.

Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito
Nasib 5 Polisi yang Ditangkap Terkait Narkoba di Depok

Bukan cuma itu, Karyoto pun mengingatkan agar semua personel yang menjaga setiap TPS bisa antisipasi gejolak atau perselisihan di lapangan. Mereka diminta melakukan analisa, serta pemetaan terhadap tempat TPS. Para anggota diharapkan bisa memahami kerawanan dan potensi gangguan di setiap lokasi TPS yang dijaga.

“Saya minta anggota segera melaporkan setiap perkembangan situasi kepada pimpinan. Jika terjadi perkembangan situasi peningkatan eskalasi di lapangan, dan jangan sampai melakukan tindakan berlebihan,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya