Pemilu 2024, Ada Tujuh TPS Unik di Depok Mengusung Konsep Kerajaan Nusantara

TPS unik di Depok mengusung konsep Kerajaan Nusantara
Sumber :
  • VIVA.co.id/Galih Purnama (Depok)

Depok – Sebuah tempat pemungutan suara (TPS) unik ada di RW 03, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Depok. Di TPS yang terletak di Jalan Nenas itu mengusung konsep Kerajaan Nusantara. Di RW tersebut ada tujuh TPS yang dibuat dengan konsep Kerajaan Nusantara dan dinamakan sebagai Kampung Pemilu.

Di Rakernas, PDIP Siapkan Langkah Strategis Pasca Pemilu 2024

Pemilu 2024 kami buat TPS berkonsep Kerajaan Nusantara. Pemilu sebelumnya kami konsep karnaval,” kata Ketua RW 03 Nuryadin Rahman, Selasa (13/2/2024).

Konsep tersebut diangkat karena untuk mengingatkan warga dan generasi muda mengenai sejarah Nusantara. Tiap TPS dibuat dengan konsep kerajaan yang pernah ada di Tanah Air beberapa abad lalu.

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

Petugas KPU Mamuju menyusun kotak suara Pemilu

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Tado

“Di satu lokasi kita konsep Kerajaan Nusantara, totalnya ada tujuh TPS. Kami pun buat gerbang masuk dengan konsep gerbang seperti Kerajaan Majapahit,” ujarnya.

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

Panitia juga menyediakan tempat bermain anak. Sehingga warga yang membawa anak bisa dititipkan sementara di area bermain. Selain itu juga ada bazar UMKM untuk meningkatkan ekonomi warga setempat.

“Tempat bermain kita tempatkan jadi ketika orang tua memilih anak-anaknya bisa main,” ujarnya.

Panitia juga melakukan sistem jemput bola. Bagi pemilih lanjut usia, pihaknya menyediakan kendaraan berupa odong-odong untuk menjemput pemilih lansia.

“Ada odong-odong untuk menjemput lansia, di RW 03 ada empat blok ada shelter. Odong - odong dibentuk dan dihias jadi kendaraan kerajaan,” katanya.

Kampung Pemilu di RW 03 ini selalu menjadi TPS menarik dalam tiap pemilu. Sehingga TPS tersebut selalu dikunjungi pejabat negara. “Pemilu sebelumnya TPS di lingkungan kami didatangi pejabat nasional,” katanya.

Ketua Pelaksana Kampung Pemilu Kerjaan Nusantara, Syarifuddin mengatakan karena konsep kerajaan maka petugas yang bertugas mengenakan pakaian adat seusia konsep kerajaan. Seluruh petugas mengenakan pakaian adat selama pemilihan berlangsung hingga penghitungan. “Pakai baju adat mereka yang bertugas sebagai petugas KPPS,” katanya.

Syarifuddin menyebutkan ada tujuh TPS berkonsep Kerajaan Nusantara yaitu Kerajaan Aceh, Sunda Kelapa,  Jawa Tengah, Bali, Toraja, Medan dan Pasundan.

“Nanti ada odong-odong untuk antar jemput pulang dan pergi. Khusus buat lansia sehingga hak suara mereka bisa tersampaikan,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya