Geger HTI Disebut Buat Acara di Gedung Teater Tanah Airku, Begini Respons TMII

Taman Mini Indonesia Indonesia (TMII)
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Viral di media sosial acaraMetamorfoshow’ yang diduga digagas organisasi terlarang Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Acara itu disebut berlangsung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Sabtu, 17 Februari 2024 lalu.

NasDem Mau Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran, Surya Paloh: Kita Sadar Diri

Kabar terkait acara itu salah satunya diunggah akun X @chanzyeolk. Acara disebut berlangsung di Teater Tanah Airku, TMII. Dalam narasinya, acara itu diinisiasi HTI.

Entah ini sudah yang kesekian kalinya kelompok berbahaya ini HTI lolos dalam menyelenggarakan kegiatan mereka. Berkedok dg "Metamorfoshow : It's Time to be One Ummah" 1200 anak muda di cuci otaknya oleh mereka,” demikian akun itu seperti dikutip pada Jumat 23 Februari 2024.

Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berpikir Panjang

Akun itu mengatakan, acara tersebut digelar sejak pukul 09.00 sampai 12.00 WIB. Acara dihadiri Ismail Yusanto yang diketahui eks juru bicara HTI, Aab El Karami, konten kreator HTI, M Ihsan Akbar yang merupakan influencer gen Z HTI, dan Akhmad Adiasta (narator, producer Dokusinema sejarah Islam 'Jejak Khilafah di Nusantara').

Ilustrasi bendera Hizbut Tahrir Indonesia (HTI)

Photo :
  • VIVA/Anhar Rizki Affandi
Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Penistaan Agama Terkuak, Ternyata Buat Cari Endorse

Terkait itu, Kepala Seksi Humas TMII, Novera Mayang mengatakan acara tersebut diajukan kepada pihaknya sebagai peringatan Isra Mi’raj 1445 H di Gedung Teater Tanah Airku yang dikelola pihak ketiga.

“Surat yang diajukan berupa permohonan free pass dan shuttle kegiatan. Terkait permohonan free pass ini manajemen TMII tidak mengabulkan dan tetap berbayar sesuai ketentuan,” lanjut Mayang.

Mayang mengatakan, posisi TMII dalam hal ini adalah pengelola kawasan. Menurut dia, konten atau substansi acara merupakan tanggung jawab dari pihak penyelenggara.

“Pada saat berlangsungnya acara tidak terdapat atribut yang terpasang di area luar Gedung Teater Tanah Airku. Juga tidak terjadi gangguan kondusifitas keamanan dan kenyamanan pengunjung TMII lainnya,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia menyebut, acara tersebut sebelumnya sudah dapat izin keramaian yang dikeluarkan Kapolsek Cipayung dengan tembusan Kapolres Metro Jakarta Timur serta Kepala Satuan Intelkam Polres Metro Jakarta Timur per 9 Februari 2024.

“Perihal acara peringatan Isra Mi’raj 1445 H di Gedung Teater Tanah Airku TMII. (Untuk memastikan kebenaran kabar viral di media sosial) Saat ini Pihak Kepolisian sedang berkoordinasi bersama Manajemen TMII untuk melakukan investigasi,” ujar dia lagi.

Untuk diketahui, akademisi dari Universitas Indonesia Muhamad Syauqillah mengingatkan pemerintah perlu waspada terhadap kamuflase dari kelompok HTI.

"Meskipun HTI sudah dibubarkan secara resmi oleh pemerintah. Tapi, sejatinya sel-selnya masih tertancap kuat," kata Syauqillah dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Ketua Program Studi Kajian Terorisme Sekolah Kajian Stratejik Global UI itu berpendapat pemerintah harus menaruh perhatian adanya kelompok HTI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya