Gandeng BTN, Pemprov DKI Siap Gelar Jakarta International Marathon 2024

Pemprov DKI menggandeng PT Bank Tabungan Negara (BTN) selenggarakan event Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024 (sumber foto: istimewa)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta – Pemerintahan Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menggelar acara Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024. Pemprov DKI menggandeng PT Bank Tabungan Negara (BTN) untuk penyelenggaraan event tersebut. 

BTN Cetak Laba Bersih Rp 860 Miliar di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 344,2 Triliun

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengatakan JAKIM 2024 digelar dalam rangka memeriahkan perayaan HUT Jakarta ke-497. Kata Heru, event JAKIM ini akan dilaksanakan pada 23 Juni 2024.

“Setelah tahun lalu penyelenggaraan BTN Jakarta Run sukses digelar. Maka kami optimis penyelenggaraan BTN Jakarta International Marathon 2024 akan lebih sukses dan mendapat minat yang besar dari masyarakat,” kata Heru dalam acara Grand Launching Jakim 2024 di Jakarta Pusat, Minggu 10 Maret 2024.

Pemprov DKI Jakarta Dukung Kerja Sama Proyek MRT Berkonsep TOD dengan Jepang

Heru melanjutkan, event berskala internasional itu juga digelar untuk mewujudkan Jakarta sebagai kota sport tourism. Selain itu, dia juga berharap event ini dapat berdampak baik bagi perekonomian Jakarta. 

“Kami berharap pelaksanaan BTN JAKIM 2024 bisa sekelas dengan kegiatan marathon yang telah dilaksanakan oleh kota-kota besar lainnya di manca negara seperti Tokyo Marathon,” ungkapnya. 

Hobi Lari, Politisi Golkar Misbakhun Capai Finis di London Marathon 2024

Sementara itu, Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu berterima kasih kepada Pemprov DKI yang telah menggandeng pihaknya untuk menyukseskan event JAKIM 2024 ini.

“Kami baru saja melaunching logo baru BTN, jadi ajang ini sangat membantu kami untuk mempromosikan logo baru kami ini. Kami sangat mendukung DKI Jakarta menjadi Sport Tourism City seperti kota-kota besar lain di dunia. Kami berharap citra positif DKI Jakarta akan semakin meningkat,” ucapnya.

Dia optimis, event JAKIM 2024 ini akan diminati banyak pelari dari dalam dan luar negeri. Nixon menyebut pihaknya menargetkan acara ini diikuti oleh 15.000 pelari. 

Dalam kesempatan yang sama, Race Director JAKIM 2024, Satrio Guardian mengatakan event ini akan menawarkan pengalaman lari yang menantang sekaligus memukau dengan rute yang melintasi pemandangan indah di Jakarta.

"Pada BTN Jakarta International Marathon 2024 akan hadir dengan rute baru yang akan dimulai dari monas hingga finish di stadion utama Gelora Bung Karno tentunya akan menjadikan sebuah pengalaman baru bagi para pelari marathon untuk finish di dalam stadion. Dan dengan ada nya marathon day yang di usung oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harapannya rute steril dari kendaraan sepeda maupun pejalan kaki," ungkap Satrio.

Untuk diketahui, event JAKIM 2024 ini rencananya akan dipusatkan di sekitar area silang Barat Laut Monas dan finish di Stadion Utama GBK pada tanggal 23 Juni 2024. 

Adapun kategori yang dilombakan adalah Marathon (42,195K), Half Marathon (21,0975K) dan 10K. Sedangkan hadiah total yang disiapkan dalam ajang ini sekitar Rp3 miliar termasuk grand prize sebuah rumah untuk peserta yang berhasil memecahkan rekor marathon khusus bagi Warga Negara Indonesia (WNI).

Pendaftaran bagi masyarakat yang berminat mengikuti ajang ini telah dibuka sejak 10 Maret 2024. Sementara bagi pendaftar yang merupakan nasabah BTN akan mendapat diskon menarik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya