Rute Pengalihan Jalan Jakarta pada 17 Agustus

Ilustrasi pengalihan arus lalu lintas.
Sumber :
  • VIVAnews/Maryadie

VIVAnews - Lima ruas jalan di Jakarta akan ditutup pagi dan sore hari saat pelaksanaan upacara bendera peringatan HUT RI di Istana Merdeka. Nantinya hanya kendaraan undangan saja yang boleh melintas.

Kelima jalan tersebut yakni Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Museum, Jalan Majapahit, Jalan Veteran, dan Jalan Merdeka Utara. Penutupan lima ruas jalan tersebut akan dibagi menjadi dua shift. Pagi hari akan ditutup sejak 08.00-11.00 WIB, dan sore hari pukul 16.00-18.00 WIB.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Condro Kirono dalam jumpa persnya, Jumat 13 Agustus 2010 mengungkapkan, kendaraan yang biasa melintas di jalur itu akan dialihkan ke sejumlah jalan.

Berikut pengalihan arus lalu lintas bagi pengguna jalan:

1. Bundaran Air Mancur

A. Arus lalu lintas dari jalan MH Thamrin menuju Jalan Medan Merdeka Barat di Bundaran Air Mancur akan dialihkan belok kiri ke Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis-Jalan Majapahit-Harmoni.

B. Arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Selatan menuju Jalan Merdeka Medan Selaran-Jalan Medan Merdeka Timur dan Barat di Bundaran Air Mancur dialihkan belok ke kiri ke jalan MH Thamrin atau lurus menuju Jalan Budi Kemuliaan.

C. Arus lalu lintas dari Jalan Budi Kemuliaan menuju Jalan Merdeka Barat di Bundaran Air Mancur diluruskan ke Jalan Merdeka Selatan atau belok ke kanan ke Jalan MH Thamrin.

2. Jalan Museum

Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis menuju Jalan Merdeka Barat diarahkan menuju Jalan Majapahit-Harmoni.

3. Lampu Merah Harmoni

Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan Majapahit dan Jalan Medan Merdeka Barat di lampu merah Harmoni dialihkan belok ke kiri ke Jalan Juanda-Jalan Pos.

4. Jalan Veteran

A. Arus lalu lintas dari Jalan Ir Juanda menuju Blok M yang akan melalui Veteran III di jembatan Bina Graha lurus ke Jalan Pos-Jalan Pejambon-Tugu Tani-Jalan Medan Merdeka Selatan-Bundaran Air Mancur

B. Arus lalu lintas dari Juanda menuju Blok M yang akan melalui Veretan Raya di Putaran Pintu Air diarahkan lurus ke Jalan Pos-Jalan Lapangan Banteng-Tugu Tani-Bundaran Air Mancur.

C. Arus lalu lintas dari lapangan Banteng menuju Kota yang akan melalui Jalan Veteran Raya, dipertigaan Tugu Adipura diarahkan belok kanan ke Jalan Pos-Jalan Gunung Sahari.

5. Pengalihan arus lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Utara.

Arus lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Timur menuju Kota yang akan melalui Jalan Medan Merdeka Utara di bawah Rel KA depan Pertamina diarahkan belok kanan Jalan Periwira-Jalan Lapangan Banteng-Jalan Gunung Sahari.

Taman Makam Pahlawan Kalibata


Pengalihan Arus juga dilakukan di sepanjang jalan Taman Makam Pahlawan Kalibata dalam Apel Kehormatan Renungan Suci pada tanggal 16 Agustus 2010, pukul 23.00-24.00 WIB.

Nantinya kendaraan dari arah Pasar Minggu, Duren Tiga, Pancoran, begitu juga dari arah Dewi Sartika akan dialihkan selama kegiatan berlangsung.

"Diimbau agar warga tidak membunyikan petasan agar tidak mengganggu acara tersebut," tegas Condro. (umi)

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade
Serial Secret Ingredient

Main Series Bareng Nicholas Saputra, Lee Sang Heon Jadi Bisa Masak Orek Tempe

Sebagai infomasi, Nicholas Saputra berperan sebagai Chef Arif yang berada dalam pusaran konflik antara Ha-Joon (Sang Heon Lee) dan Maya (Julia Barretto).

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024