Imlek di Petak Sembilan

Pengunjung Kelenteng Keluhkan Pengemis

VIVAnews - Ratusan pengemis yang menyemut di  Vihara Hian Tan Keng menjadi keluhan tersendiri bagi pengunjung vihara yang hendak sembahyang. Mereka sampai kesulitan menembus barikade pengemis ini.

Vihara yang juga dikenal dengan sebutan Kelenteng Petak Sembilan ini memang menjadi favorit pengemis setiap tahunnya. Mereka berharap berkah Imlek bisa ikut dicicipi. Sudah menjadi kebiasaan etnis Tionghoa, setiap Imlek mereka akan membagi-bagikan angpao.

Dari pantauan VIVAnews, pengemis di kelenteng Petak Sembilan, Jakarta Barat, Minggu 25 Januari 2009 mencapai ratusan orang. Bahkan salah satu pengurus kelenteng memperkirakan jumlah mereka lebih dari 2.000 orang. Para pengemis ini menyemut di depan pintu masuk kelenteng sehingga nyaris tidak menyisakan celah sedikit pun untuk para pengunjung yang hendak beribadah.

Dari tiga pintu masuk, dua pintu sudah disesaki pengemis, sehingga pengunjung terpaksa memutar ke pintu lain. Ulah para pengemis ini juga menyulitkan pihak kelenteng sehinga petugas linmas dan Polsek Taman Sari, Jakarta Barat terpaksa turun tangan menertibkan mereka agar memberi jalan bagi pengunjung.

"Susah banget masuknya," keluh salah satu pengunjung kelenteng yang akan bersembahyang. Ia mengaku sudah berusaha masuk dari dua pintu, namun tidak berhasil. Ia baru berhasil masuk di pintu yang ketiga.

Menghadapi keluhan pengunjung, pengurus kelenteng berencana membuat satu pintu masuk khusus bagi jemaah yang akan sembahyang. Karena pengurus menduga jumlah pengemis akan bertambah banyak di malam hari, seperti yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya. "Ini pasti ada yang memberikan informasi ada pembagian angpao. Biasanya begitu. Saya tidak tahu mereka dapa tinformasi dari mana," kata petugas yang tidak bersedia menyebutkan namanya itu.

Viral! Imam Masjidil Haram Syekh Sudais Cari Indomie di Stand Kuliner Mahasiswa Indonesia
Indonesia U-23 vs Uzbekistan U-23

Indonesia Still Has Chance to Qualify Olympics After Defeated by Uzbekistan

The Indonesian U-23 National Team defeated to Uzbekistan in the semifinals of the 2024 U-23 Asian Cup at the Abdullah Bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar on Monday.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024