Foke Pesimis Capai Ruang Terbuka Hijau 30%

Fauzi Bowo di ruang kerjanya
Sumber :

VIVAnews - Pemprov DKI akan mengembalikan ruang terbuka hijau (RTH) hingga 30 persen dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) DKI Jakarta 2030, 

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo sadar hal itu begitu sulit. Tapi dia akan tetap berusaha konsisten menambah RTH di ibukota.

Foke, begitu dia disapa, mengatakan, pada 2012 mendatang setidaknya ada tiga lokasi Stasiun Pengisian Bahan Bakar Minyak (SPBU) di Jakarta akan dikembalikan fungsinya.

Pengembalian lokasi SPBU ke RTH juga sebagai upaya untuk menambah RTH di Jakarta yang hingga saat ini masih berkutat diangka 9,8 persen.

"Karena itu memang fungsi awalnya sebagai RTH, untuk itu kita kembalikan lagi," kata Fauzi Bowo, di Balaikota DKI Jakarta, Senin, 14 November 2011.

Untuk mencapai 30 persen RTH pada 2030, Pemprov mengusahakan pembagian 20 persen dari Pemerintah Daerah dan 10 persen dari swasta.

"Tata ruang harus diterjemahkan secara bijak di kota besar seperti di Jakarta. Tapi kewajiban menyediakan 30 persen untuk RTH suatu yang mustahil. Untuk itu, kita upayakan 20 persen ruang publik dan 10 persen privat, kita bekerja kearah itu," ujarnya.

Foke secara tegas mengatakan bahwa tidak akan memberikan toleransi kepada siapa pun bahwa RTH dialihfungsikan.

Sejak 2007, Pemprov DKI Jakarta berencana merefungsi 27 SPBU. Saat ini baru 17 SPBU yang telah dikembalikan fungsinya sebagai RTH.

Wakil Ketua KPK Dilaporkan ke Dewas Terkait Pelanggaran Etik

Pada tahun ini, sedang dilaksanakan pembangunan di empat lokasi SPBU, yakni eks SPBU Jalan Ahmad Yani sisi Utara seluas 1.450 meter persegi, eks SPBU Jalan Ahmad Yani sisi Selatan seluas 1.443 meter persegi, eks SPBU Jalan Matraman sisi Barat seluas 1.850 meter sepergi, dan eks SPBU Jalan Enim seluas 1.000 meter persegi.

Sementara tahun 2012, refungsi SPBU menjadi RTH difokuskan di tiga lokasi, yakni eks SPBU Jl Tanahabang Timur seluas 700 meter persegi, eks SPBU JlDr Wahidin seluas 1.000 meter persegi, dan eks SPBU Jl Yos Sudarso.

Namun, tiga lokasi SPBU lainnya masih di koordinasikan dengan pihak pertamina, yakni SPBU Jalan Pakubuwono sisi Timur, SPBU Jalan Pakubuwono sisi Barat, dan SPBU Jalan Matraman sisi Timur.

Data dari Pemprov DKI Jakarta menyebutkan, pada 2007 pihaknya mampu mengembalikan SPBU menjadi RTH seluas 2.890 meter persegi. Sedangkan selama 2010, seluas 20.861 meter persegi. Sedangkan luas sisa eks SPBU yang akan dan tengah dikembalikan seluas 16.548 meter persegi.

Ilustrasi memasak.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Tradisi hantaran di Indonesia merupakan kebiasaan bertukar hadiah makanan atau barang lainnya sebagai bentuk ungkapan rasa syukur, kasih sayang, dan penghargaan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024