Polda Metro Jaya:

Banyak Senjata Api Beredar di Masyarakat

Senjata api
Sumber :
  • ANTARA/ M Risyal Hidayat

VIVAnews - Direktur Intelkam Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Erlan mengatakan pada 2011 pihaknya berhasil menyita 80 persen senjata api yang dulunya legal dan menjadi ilegal. Sementara itu, 20 persen lainnya masih beredar di masyarakat.

Kendala yang dihadapi petugas untuk menyita keseluruhannya, menurut Erlan, yakni domisili pemilik yang selalu berpindah-pindah tempat. "Kami berusaha terus-menerus untuk menarik seluruh senjata api yang beredar di luar. Jenisnya senjata api ilegal dan rakitan," kata Erlan dalam rilis akhir tahun Polda Metro Jaya, Jumat 30 Desember 2011.

Sementara itu, untuk mengambil senpi yang masih beredar, pihaknya juga telah menggelar Operasi Sendak Jaya 2011 yang dilakukan 23 September hingga 2 Oktober 2011. Dalam operasi tersebut, polisi berhasil mengamankan 112 senjata api berbagai jenis, baik yang dimiliki pribadi, instansi pemerintah maupun swasta.

"Senjata ini diamankan karena masa izin kepemilikannya sudah habis. Senjata tersebut terdiri atas 46 pucuk Shotgun, 17 pucuk pistol, dan 49 pucuk revolver. Pada 2012, pihaknya menargetkan ada peningkatan penarikan senpi yang dulunya legal menjadi ilegal," jelas dia.

Dalam beberapa kesempatan, Polda Metro mengklaim ada sekitar 5.000 senjata api yang beredar di masyarakat. Pada pertengahan 2011, Polda Metro mengklaim telah berhasil menarik 3.500 senjata-senjata api itu. (art)

Mayat Bayi Ditemukan Terbungkus Kardus di Tanah Abang, Diduga Dibuang Sang Ayah.
Ketua Srikandi PPDI, Nunun Daradjatun Donor Darah

Kasus DBD Naik, PPDI Minta Perempuan RI Ikut Donor Darah

Peringati Hari Kartini, Srikandi Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) mengajak ratusan perempuan melakukan aksi donor darah untuk kemanusiaan, di Sekolah polisi Wanit

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024