Relawan Ranjau Paku Sering Diancam Dibunuh

Mobil penyapu ranjau paku
Sumber :
  • Facebook TMC Polda Metro Jaya

VIVAnews - Ancaman pembunuhan pernah diterima Siswanto, yang sejak satu tahun ini serius membersihan ranjau paku dari jalanan Jakarta. Tapi karena sering mendapat ancaman, membuatnya terbiasa.

"Pernah diancam, kalau bersihkan paku akan dibunuh. Waktu itu saya ada di kawasan Daan Mogot. Karena sudah sering mendapat ancaman, jadi saya sudah terbiasa. Apalagi sekarang kerja kita didukung oleh polisi," Kata Ketua Sapu Bersih (Saber) ranjau Paku, Siswanto, Rabu, 11 Januari 2012.

Menurut Siswanto, setiap hari ada sekitar 2 kilogram paku yang dia kumpulkan dari jalanan. Penyebaran paku berlansung di jalan yang ramai dilintasi kendaraan. Saat pagi hari, jam operasional penebar paku diperkirakan saat jam sibuk, dan pada malam hari pukul 22.00 WIB, atau memastikan hingga kondisi jalanan benar-benar sepi.

Tidak jarang saat bekerja membersihkan ranjau paku, Siswanto memergoki langsung aktivitas penebar paku. Sehingga dia tahu persis daerah mana yang rawan ranjau paku.

"Paku yang disebar jenis jari-jari payung yang dipotong bagian ujungnya agar tajam. Jika kendaraan sudah terkena paku jenis ini maka praktis ban dalam akan robek,  tidak jauh dari tempat itu pasti ada tukang tambal ban, mereka memang sindikat," kata Siswanto di Polda Metro Jaya, Rabu 11 Januari 2012.

Menurut Siswanto, saat ini masih dibutuhkan banyak relawan pemungut ranjau paku untuk ditempatkan di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Utara. Dua wilayah itu, kata Siswanto juga terbilang rawan ranjau paku.

Berikut adalah titik-titik kawasan yang rawan ranjau paku.

Jakarta Timur : Cawang, Kebon Nanas, Pulogadung, Cempaka Mas dan Matraman. (jenis paku dari potongan besi payung)

Jakarta Selatan : TB Simatupang, Gatot Subroto dan Jenderal Sudirman. (jenis paku jari-jari payung)

Jakarta Pusat :  Jalan Gajah Mada, Jalan Gunung Sahari, Underpass Senen, jalan Hasyim Asahri. (paku berbagai ukuran)

Jakarta Barat : Jalan Daan Mogot, Cengkareng, Kali Deres, Tegal Alur (paku berbagai ukuran)

Jakarta Utara : Cilincing, Yos Sudarso, dan Jalan M Gano (paku berbagai ukuran). (eh)

OJK Reveals Tips to Manage Finance for Housewife
Wuling Cloud EV di IIMS 2024

Konsumen Bisa Jajal Langsung Wuling Cloud EV di PEVS 2024

Pabrikan otomotif asal China, Wuling akan memeriahkan pameran PEVS 2024 dengan menampilkan lini kendaraan listrik, salah satunya Wuling Cloud EV.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024