Tenda Korban Banjir di Jalan, Tol Merak Macet

Banjir di Tol Ulujami - Serpong
Sumber :
  • Antara/ Muhammad Deffa

VIVAnews - Banjir yang menggenangi jalan tol Jakarta-Merak sudah surut sejak tadi malam. Saat ini jalan sudah bisa dilalui kendaraan. Namun kemacetan panjang masih terjadi di jalur itu akibat adanya tenda-tenda pengungsi warga korban banjir yang memenuhi bahu jalan.

Politikus PDIP Sebut Ahok dan Anies Berasal dari Akar Rumput Berbeda

"Jalan tol dari Jakarta menuju Merak dan sebaliknya hanya bisa menggunakan lajur nomor dua, sebab lajur nomor satu digunakan untuk tenda pengungsi," kata petugas informasi Jasamarga, Winda saat dihubungi VIVAnews, Senin 16 Januari 2012.

Dia menjelaskan, pendirian tenda itu tepatnya ada di Km 57-58. Hal itu membuat pengendara terpaksa memperlambat laju kendaraannya. Hingga saat ini kemacetan sudah mencapai satu kilometer.

Luapan air Sungai Ciujung terjadi lantaran jebolnya Bendungan Pamarayan, di Kabupaten Serang, Banten. Air sungai kemudian meluap dan membanjiri jalan tol dan pemukimanan warga yang ada di sisi kiri dan kanan sungai.

Tapi informasi jebolnya Bendungan Pamarayan dibantah Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banten, Suyadi Wiratmaja. Menurutnya, banjir terjadi karena pintu air di Bendungan Pamarayan terpaksa dibuka.

"Bukan jebol, informasi yang kita peroleh karena Bendungan Pamarayan terpaksa dibuka karena sudah berat menampung air," kata dia.

Akibat luapan air Sungai Ciujung, membuat 192 warga yang bermukim di dekat tol terpaksa mengungsi di pinggir jalan bebas hambatan itu.

"Satu daerah mengusi di pinggir jalan tol. Membuat tenda darurat di bahu jalan tol. Barang mereka berserakan dan menghambat laju kendaran," katanya. (ren)


Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono saat melepas calon jemaah haji Kloter 1 Embarkasi Surabaya.

Kloter 1 Embarkasi Surabaya Terbang ke Tanah Suci, Pj Gubernur Ingatkan Momen Istimewa Ibadah Haji

Calon jemaah haji (CJH) Kelompok Terbang (Kloter) 1 Embarkasi Surabaya diterbangkan dari Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur.

img_title
VIVA.co.id
12 Mei 2024