Calon Anggota Polri Ditipu Rp150 Juta

Polisi lalu lintas Polda Metro Jaya.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Polda Metro Jaya membekuk tersangka penipuan calon anggota Polri. Pelaku bernama Ferdian Baehaki (35 tahun) yang kesehariannya berwiraswasta ini mengelabui calon korban dengan mengaku sebagai anggota Polri berpangkat Komisaris Polisi ini.

"Korban dimintai uang Rp100 juta sampai Rp150 juta untuk menjadi anggota Polri," kata Direktur Reserse dan Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Toni Harmanto di Markas Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu 28 November 2012.

Menurut Toni, modus yang dilakukan tersangka untuk meyakinkan calon korban salah satunya dengan cara memberikan latihan fisik selama 2 bulan. Kemudian, para orangtua calon korban memberikan dana yang diminta kepada tersangka dengan harapan anaknya bisa menjadi anggota Polri.

"Sampai saat ini, baru ada dua orang yang melapor. Itu pun baru berasal dari informasi masyarakat," kata Toni. Pelaku dibekuk oleh anggota Polda Metro Jaya di kediamannya di Jalan Tolo Srengseng, Kelurahan Srengseng, Kembangan, Jakarta Barat.

Dari hasil penggeledahan di kediamannya, polisi menemukan senjata api rakitan jenis revolver berwarna silver dan bergagang cokelat. Polisi juga menyita 5 butir peluru merk winchester 38 SPL berwarna kelabu. "Barang bukti itu ditemukan di lemari pakaian milik pelaku," ujar Toni.

Dalam melakukan aksinya, Ferdian kerap menggunakan seragam polisi. Seragam korps Bhayangkara itu diperoleh dengan cara membeli dari temannya di daerah Ciputat seharga Rp5 juta.

5 Cara Jitu Renovasi Rumah Tanpa Bikin Dompet Kering

Laporan: Arie Dwi Budiawati, eh

Tentara Israel saat melakukan operasi militer di Gaza, Palestina

Kelelahan, 30 Tentara Israel Ogah Serang Wilayah Rafah

30 tentara cadangan Israel dilaporkan menolak untuk mengambil bagian dalam rencana invasi darat ke kota Rafah di Gaza karena mereka kelelahan dan tidak dapat bertugas.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024