Banjir Satu Meter, Warga Petogokan Dievakuasi Paksa

Banjir 4 meter di Kebon Baru, Tebet, Jaksel.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA.co.id - Banjir masih melanda tiga rukun warga di Kelurahan Petogokan, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa, 10 Februari 2015. Hingga siang ini, banjir belum menunjukan tanda-tanda akan surut.

Dari pantauan VIVA.co.id, sejak pagi hari sejumlah petugas Kepolisian, Koramil dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mulai mengungsikan warga. Kanit Patroli Polsek Metro Kebayoran Baru Komisaris Polisi Sugiono mengatakan, evakuasi ini sebenarnya sudah dilakukan sejak kemarin, senin, 9 Februari 2015.

"Sudah dari kemarin pagi jam 10, sampai hari ini," katanya saat ditemui di Petogokan, Kebayoran Baru.

Evakuasi ini kata Sugiono, melibatkan sekitar 80 orang yang terdiri dari tim gabungan Polda Metro Jaya, Polres Jakarta Selatan, serta Polsek Kebayoran Baru di bantu Koramil dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Sebelum dilakukan upaya evakuasi paksa, banyak warga yang bertahan di lantai dua rumah mereka.

"Kita imbau warga untuk pindah ke rumah saudaranya atau ke posko pengungsian yang telah disediakan pemda," katanya.

Hujan yang terus menerus melanda wilayah Petogokan, Jakarta Selatan, hingga siang ini masih mencapai 1 meter lebih atau setinggi dada orang dewasa.

Kusumawati (22) Salah seorang warga, mengatakan bahwa daerahnya memang langganan banjir, tapi menurutnya banjir di tahun ini lebih parah dan lebih lama dari tahun lalu.

"Tiap tahun seperti ini, biasanya 1 hari surut, cuma sekarang 2 hari ini, mungkin karena hujan terus," ujarnya.

Ade Alfath Azmi/ Jakarta

Beberapa Ruas Jalan Jakarta Tergenang Air Usai Diguyur Hujan
Sungai Ciliwung

Kerusakan di Daerah Aliran Sungai Kian Parah

Banyak yang sudah alih fungsi lahan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016