Terminal Megah di Jakarta Mampu Tampung 1.000 Bus

Terminal Pulo Gebang.
Sumber :
  • Anwar Sadat
VIVA.co.id
Pemprov DKI Operasikan Terminal Pulo Gebang Saat Mudik
- Terminal Pulogebang yang mulai dibangun sejak 2011 lalu, kini sudah rampung. Terminal tersebut, sudah mulai beroperasi sejak Maret 2015 lalu.

Terminal Pulogebang Belum Bisa Layani Mudik 2015

Terminal ini disebut-sebut sebagai terminal terbesar se-Asia Tenggara. Yang menjadi pembeda terminal Pulogebang ini dengan terminal lainnya di Jakarta, adalah terdapatnya beberapa fasilitas unggulan yang tidak dimiliki terminal lainnya di Asia Tenggara.
Terganjal Izin Menhub, Terminal Pulogebang Urung Diresmikan


"Yang menjadi pembeda di terminal ini adalah nantinya penumpang yang datang dan berangkat akan dipisahkan. Jadi, penumpang tidak langsung berhamburan seperti di terminal lain. Terminal ini mampu menampung 1.000 bus, dengan sistem dorong dan mampu menampung hingga 25 ribu penumpang," kata Kepala Satuan Sarana dan Prasarana Terminal Pulogebang, Baihaqi, Jumat 8 Mei 2015.


Baihaqi menuturkan, kenyamanan penumpang akan sangat diperhatikan di terminal ini. Disediakan beberapa fasilitas yang membuat penumpang merasa nyaman.


"Iya untuk penumpang, kita juga menyediakan toilet umum yang menurut saya sangat bagus dan cukup bersih. Kita juga membangun ruang khusus untuk ibu menyusui, tempat ibadah, dan kita juga menyediakan wifi di terminal ini," ujar Baihaqi.


Selain penumpang, pengemudi pun sangat diperhatikan di terminal Pulogebang ini. Sebab, di terminal ini juga disediakan ruang istirahat khusus para pengemudi.


"Di terminal ini pun akan disediakan ruang istirahat untuk para pengemudi, ada puskesmas juga, dan nantinya setiap supir akan rutin di lakukan cek kesehatan setiap dua bulan sekali," kata dia.


Selain kenyamanan, Terminal Pulogebang juga akan menambahkan tingkat keamanan di sekitar terminal Pulogebang.


"Keamanan sudah jelas akan kita maksimalkan, dengan adanya petugas keamanan yang berjaga hampir di setiap sudut. Selain petugas keamanan, kita juga akan menempatkan lebih dari 100 CCTV di terminal ini," katanya. (asp)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya