Gubernur Tandingan Akan Rebut Balai Kota DKI dari Ahok

Demo Gubernur Tandingan
Sumber :
  • Fajar GM

VIVA.co.id - Ketua Gerakan Masyarakat Jakarta (GMJ) Fachrurrozi Ishaq yang juga mengklaim diri sebagai 'Gubernur' DKI Jakarta kembali melakukan aksi unjuk rasa menentang kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Berdasarkan pantauan VIVA.co.id, Fachrurrozi beserta ratusan orang yang mengenakan beragam atribut Islam seperti sorban, peci, dan baju koko, tiba di depan Gedung DPRD DKI, tempat dilangsungkannya unjuk rasa, pada pukul 10.15 WIB, Senin 1 Juni 2015.

Mereka sebelumnya melakukan aksi berjalan dari Bundaran HI, tempat berkumpul sebelum melaksanakan aksi.

Setibanya di depan Gedung DPRD DKI, mereka menggelar tikar di pinggir Jalan Kebon Sirih seolah-olah mereka hendak melakukan pengajian.

Massa duduk bersila dengan posisi melingkar di atas tikar itu. Seorang orator, di atas mobil orasinya, kemudian menegaskan bahwa tujuan mereka berunjuk rasa kali ini adalah untuk kembali menuntut Ahok, sapaan akrab Basuki, mundur dari jabatannya sebagai Gubernur DKI.

"Kami tidak ingin dipimpin Gubernur kafir!," ujar orator itu.

Orator itu menegaskan bahwa satu-satunya gubernur yang mereka akui kepemimpinannya adalah Fachrurrozi Ishaq, yang mereka lantik di depan Balai Kota DKI pada tanggal 1 Desember 2014.

DPRD Gagal Makzulkan Ahok, Gubernur Tandingan Kecewa

Ia menyatakan bahwa Fachrurrozi, dalam waktu dekat, akan mengambil alih Balai Kota DKI dari Ahok.

"Balai Kota harus diambil alih dari kepemimpinan orang kafir yang serakah!," ujar orator.

Setelah itu, ia mempersilakan Fachrurrozi sendiri untuk berorasi. Hingga berita ini dibuat, Fachrurrozi masih melakukan orasinya.

Aksi ini sendiri hingga saat ini terus berlangsung aman. Peserta aksi terlihat berbaris rapi di depan Gedung DPRD DKI meski jumlah mereka membuat Jalan Kebon Sirih tertutup setengahnya dan hanya bisa dilalui di satu ruas.

Ratusan aparat kepolisian dan Satpol PP DKI tampak bersiaga di balik gerbang Gedung DPRD. (ase)

Demo Gubernur Tandingan

Demo DPRD, Massa GMJ Pertanyakan Nasib Hak Angket Ahok

"Dewan gak ada suaranya, jangan-jangan mereka terlibat korupsi."

img_title
VIVA.co.id
1 Juni 2015