Nasib GKPI Jatinegara Tak Menentu

GKPI Jatinegara
Sumber :
  • Anwar Sadat - VIVA.co.id

VIVA.co.id - Kepala Biro Pendidikan dan Mental (Dikmental) DKI Jakarta, Ahmad Gozali mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum mengetahui kelanjutan nasib dari Gereja Kristen Protestan Indonesia (GKPI) Jatinegara, Jakarta Timur. Pasalnya, ia masih menungu laporan dari Sudin Dikmental Jakarta Timur.

Gereja-gereja di Inggris yang Dijadikan Penginapan

"Saya belum bisa jawab untuk sekarang. Karena jujur saya masih menunggu laporan dari Sudin di Jakarta Timur sendiri," ujar Ahmad, di Balai Kota Jakarta, Rabu, 22 Juli 2015.

Sebelumnya, ratusan personel kepolisian dari Polres Jakarta Timur diterjunkan untuk mengamankan kompleks GKPI Jatinegara sejak beredarnya informasi akan ada penyerangan oleh sejumlah organisasi masyarakat (ormas).

Kisah Perpisahan Gereja Tua di Kalijodo

GKPI dinilai sebagai rumah ibadah yang tidak resmi mengingat gedung gereja sebenarnya adalah sebuah tempat tinggal yang kemudian dialihfungsikan menjadi tempat peribadahan.

Komandan Banser dari Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jakarta Timur, Firdaus mengatakan, beberapa anggota GP Ansor memang sempat mendatangi GKPI itu. Menurut Firdaus, mereka mempersoalkan bangunan gereja yang tak sesuai dengan izin yang diterbitkan Pemprov DKI.

Ditemukan Benda Mencurigakan di Gereja Kotabaru

Firdaus menyayangkan, bangunan yang semula rumah tinggal itu malah beralih fungsi menjadi gereja. Bangunan itu sudah disegel dari tahun 2013, dan diberi batas waktu sampai 25 Juli 2015 oleh pemerintah untuk menyelesaikan perizinan bangunan.

(mus)

Gereja Katolik Santo Yusuf Pekerja di Minggiran, Plawikan, Jogonalan, Klaten, Jawa Tengah.

Patung Yesus dan Bunda Maria di Gereja Klaten Dirusak

Polisi memperkirakan pelaku perusakan sebanyak dua orang.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016