Polisi Kembalikan Drone yang Jatuh di Menara BCA

Drone
Sumber :
  • Foe Peace - VIVA.co.id

VIVA.co.id - Setelah sempat menahan drone( pesawat tanpa awak) jenis Phantom II yang jatuh di Menara BCA beberapa waktu lalu, Polsek Metro Menteng akhirnya mengembalikan drone tersebut kepada pemiliknya.

Polisi: Pemilik Drone Belum Bisa Dijerat Hukum

Drone milik Onix salah satu anggota dari komunitas DJI Phantom Indonesia (Komunitas Drone) itu dikembalikan setelah penyidik memeriksa pemilik dan hasil rekaman kamera yang terpasang di drone itu.

Polisi mengembalikan drone milik Onix karena memang tidak ada unsur kejahatan yang sengaja dilakukan Onix dengan mengoperasikan drone di kawasan vital di Jakarta.

Ini Isi Rekaman Drone yang Jatuh dari Menara BCA

"Kalau hasil pemeriksaan rekaman, tidak ada unsur lain, hanya untuk permainan dan hobi saja. Kita sudah panggil ketua komunitas untuk dimintai keterangan, sehingga clear dan kita kembalikan ke pemiliknya. Ke depan, kita minta bantu komunitas ini di kemudian hari untuk juga mensosialisasikan Permenhub tentang penerbangan drone ini, agar pihak lain tidak menyalahi peraturan," kata Kapolsek Metro Menteng, AKBP Deddy Tabrani, Kamis, 6 Agustus 2015.

Menurut Onix, drone miliknya itu jatuh karena mengalami turbulensi. Menurut dia, drone itu dioperasikan hanya untuk merekam gedung-gedung di kawasan sekitar lokasi jatuhnya drone.

Pemilik Drone yang Jatuh dari Menara BCA Diperiksa Polisi

"Jadi mas, itu drone saya jatuh karena mengalami turbulensi jadinya jatuh. Jadi yang dibilang pak Kanit Reskrim itu benar, isi rekaman saya cuma foto gedung- gedung saja," katanya, Kamis, 6 Agustus 2015.

Sebelumnya, drone milik Onix jatuh di lobi Menara BCA pada 20 Juli 2015 lalu. Saat itu, drone diterbangkan malam hari. Tapi, tiba- tiba saja drone hilang. Setelah itu, diketahui ternyata drone tersebut sudah diamankan petugas keamanan Menara BCA.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya