Kodam Jaya 'Sulap' Air Sungai Ciliwung Jadi Air Bersih

Pangdam Jaya, Letjen Agus
Sumber :
  • Anwar Sadat - VIVA.co.id

VIVA.co.id - Komando Daerah Militer (Kodam) Jaya berhasil menyulap air kotor dari Sungai Ciliwung menjadi air bersih siap minum.

Panglima Kodam Jaya, Letjen Agus Sutomo menjadi salah satu orang yang meneguk langsung segelas air dari Sungai Ciliwung hasil olahan tersebut. Agus meminum air itu saat menyerahkan alat penyulap air kotor menjadi layak konsumsi di Kelurahan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Senin, 14 September 2015.

Masjidil Haram dan Nabawi Gunakan Teknologi Canggih Atur Suhu Ruangan Agar Jemaah Haji Nyaman

"Saya ingin ubah mindset masyarakat selama ini. Kalau dulu air Ciliwung itu kotor, kini suah bersih, tidak bau bahkan air ini bisa langsung diminum," kata Agus sambil meneguk air hasil olahan itu.

Agus menuturkan, alat itu bukan alat canggih, tapi alat sederhana yang biasa disebut filter atau alat penyaring. Cara kerja alat itu juga sangat sederhana, yakni hanya dengan mengalirkan air ke dalam tabung dan tak menunggu lama, air yang dikeluarkan kembali dapat langsung diminum.

Agus mengatakan, dengan alat itu, dalam setiap jam, masyarakat dapat mengubah 315 liter air Sungai Ciliwung menjadi air bersih.

Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Epy Kusnandar Ditangkap di Warung

Agus menghadiahkan alat filterisasi ini sebagai bagian dari program Kodam Jaya 'Ciliwung Bersih' yang telah dimulai sejak Desember 2014. Bidara Cina terpilih sebagai tempat uji coba alat itu karena wilayah itu sudah dinormalisasi oleh Pemprov DKI.

"Karena di sini sudah selesai proses normalisasinya, jadi alat kami taruh di sini."

Jokowi Hadiri Pernikahan Rizky Febian & Mahalini, Sule Ungkap Momen Mengharukan!

(mus)

Kalibata

Ular, Kucing sampai Kambing Hanyut dari Bogor ke Jakarta

Hewan-hewan itu tersangkut di jembatan Kalibata.

img_title
VIVA.co.id
17 November 2015