Ini Penyebab Ibu dan Balita Terjebak di Lift Puskesmas

Lift
Sumber :
  • @bpbdjakarta
VIVA.co.id
Ibu dan Anak Setengah Jam Terjebak di Lift Puskesmas
- Lift di Puskesmas Kelapa Gadung Barat, Jakarta Utara tempat ibu dan balita terjebak tak berfungsi akibat daya listrik dari jaringan listrik milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) tak stabil.

Ibu dan Anak Terjebak dalam Lift di Kelapa Gading

Teknisi lift Puskesmas Kelapa Gading Barat, Dudi mengatakan, sebelum Nuryanti (31 tahun) dan anaknya, Viza (2,5 tahun) menggunakan lift menuju tempat berobat di lantai II, sempat terjadi pemadaman listrik.
Presiden FIFA Bangga dengan Pencapaian Timnas Indonesia: Bergerak ke Arah yang Benar


Saat korban menggunakan lift, aliran listrik sudah kembali menyala. Namun, daya listrik masih cukup lemah untuk mengaktifkan alat penggerak lift.


"Daya listriknya sempat turun. Jadi daya kelistrikan untuk memasok atau menopang lift tidak kuat. Dengan kata lain tegangan listriknya rendah. Kadang-kadang pihak PLN begitu, daya listriknya rendah, kadang tiba-tiba tinggi. Jadi komponen lift nggak bisa membaca sehingga pintu macet tak bisa terbuka, dan tak bisa naik turun," kata  Dudi di Puskesmas Kelapa Gading, Jakarta, Senin 28 September 2015.


Menurut Dudi, naik turunnya daya listrik sudah biasa terjadi. Namun, ia mengakui kejadian seorang ibu dan anak terjebak di dalam lift tersebut merupakan yang pertama kali.


"Ini pertama kali, sebelumnya tidak pernah. Makanya tadi genset sempat nyala ketika daya listrik turun dan langsung mati total. Tapi walau genset menyala, juga kurang bisa menopang tenaga untuk mengoperasikan lift," kata dia.


Nuryanti dan Viza terjebak di dalam lift di lantai II Puskesmas Kelapa Gading Barat selama 30 menit.


Mereka terjebak dalam kondisi lift mati total dan tiada penerangan apapun di dalam lift tersebut.


Keduanya akhirnya berhasil diselamatkan petugas Pemadam Kebakaran Jakarta Utara. Petugas terpaksa membongkar pintu lift yang terbuat dari lapisan besi agar bisa mengeluarkan keduanya.


Beruntung Nuryanti dan Viza dapat diselamatkan dalam kondisi baik walaupun agak sedikit lemas dan syok.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya