Penjaga Pintu Air Manggarai Antisipasi Kiriman Katulampa

Pintu Air Manggarai
Sumber :
  • VIVAnews/Amal Nur Ngazis

VIVA.co.id - Ketinggian permukaan air di Pintu Air Manggarai hingga malam ini berada di level 580 cm atau di bawah siaga IV. Petugas masih terus memantau pergerakan air mengingat hujan yang masih mengguyur beberapa wilayah di Jabodetabek.

"Untuk saat ini masih di bawah batas normal, statusnya di bawah Siaga IV, masih normal, saat ini 580 cm, kalau normalnya di bawah 750 cm, jadi masih di bawah batas normal," ujar Operator Pintu Air Manggarai, Julianto, Kepada VIVA.co.id, Minggu malam 8 November 2015.

Ia mengatakan, dikarenakan di Bogor masih ada kemungkinan untuk hujan, petugas akan melakukan berbagai antisipasi yakni dengan strategi membuka dua pintu yaitu ke Banjir Kanal Barat (BKB) dan Pintu Ciliwung Kota.

"Kita sih antisipasinya ke dua pintu, ke arah Banjir Kanal Barat dan pintu ciliwung kota, kalau untuk buka pintu itu wewenangnya dari kepala dinas, atau kepala seksi dinas tata air," kata dia.

Julianto mengatakan untuk saat ini, debit air di Bendungan Katulampa pun sudah menurun, dengan ketinggian tertingginya per hari ini terjadi pada titik 120 cm. Pada Minggu malam pukul 21.00 WIB sudah menurun di angka 70 cm.

Beberapa Ruas Jalan Jakarta Tergenang Air Usai Diguyur Hujan

"Airnya dari Katulampa sudah mengarah ke Depok yang saat ini tingginya sudah 140 cm," kata dia.

Ia mengatakan, aliran air tersebut ke Jakarta ada kemungkinan untuk naik, Jika daerah di Jabodetabek masih diguyur hujan.

BMKG: Sebagian Besar Jabodetabek Berawan Hari Ini

"Kemungkinan sampai di Manggarai jam 3 pagi atau jam 5 pagi, untuk antisipasi melihat curah hujan lokal, karena kita tidak bisa memprediksi ketinggian air dari Katulampa dan Depok kalau misalkan di lokal tersebut hujan, kita lihat kondisinya dulu," tutur dia. (ren)

Hujan mengguyur Jakarta dan wilayah sekitar.

Jumat Siang, Hujan Disertai Petir Guyur Pendemo 4 November

Hujan berlangsung hingga malam hari.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016