Malam Tahun Baru, Ancol Dijaga Anjing Pelacak

Ledakan Bom Terjadi di ITC Depok
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

VIVA.co.id - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan, tidak akan ada panggung hiburan dalam car free night menyambut malam pergantian tahun 31 Desember 2015. Puncak perayaan akan dipusatkan di Ancol, yang akan dimeriahkan salah satu musisi kenamaan Indonesia.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mengatakan, konsekuensi dari tidak adanya panggung hiburan di sepanjang Jalan Sudirman - Thamrin akan menarik massa menuju Ancol.

Ridwan Kamil: Saya Tidak Punya Musuh

Hal itu membuat potensi gangguan keamanan karena banyaknya massa berkumpul. Untuk itu, Djarot meminta tambahan ekstra pengamanan di setiap pintu masuk Ancol.

"Pintu Ancol kan nanti di buka semua, bisa tidak dideteksi siapa yang masuk ke sana, saya minta patroli harus, lalu masing-masing pintu dikasih anjing pelacak," ujar Djarot dalam Rapat Koordinasi Komunitas Intelijen Daerah di Jakarta, Senin, 21 Desember 2015.

Buka Tutup Jalur Puncak Diberlakukan Situasional

Peringatan itu disampaikan Djarot guna mengantisipasi kemungkinan teror seperti yang terjadi di Paris, Prancis beberapa waktu lalu. Titik berkumpulnya massa sering dijadikan target terorisme.

"Ancol, Taman Mini, Ragunan, kita minta pastikan keselamatan pengunjung. Yang terjadi di Paris di tahun lalu jadi pelajaran bagi kita. Cuma sembilan sepuluh orang berapa lapis keamanan seperti itu kebobolan juga. Jakarta tidak boleh seperti itu," katanya.

Antrean Panjang ke Puncak Monas, Hingga Lima Jam

Selain itu, Djarot juga mengimbau agar warga yang hendak merayakan tahun baru di Ancol tidak memaksakan kendaraan pribadi masuk ke Ancol agar tidak menimbulkan kemacetan. Sekitar 150  bus wara-wiri disiapkan untuk mengantar dari kantong parkir menuju Ancol.

(mus)

Ilustrasi urbanisasi

Libur Natal & Tahun Baru, Penumpang KAI Naik 2,77 Persen

Jumlah penumpang jarak jauh menjadi 1,97 juta orang.

img_title
VIVA.co.id
6 Januari 2016