Hujan Deras, Jalan Panjang Tergenang 30 Sentimeter

Ilustrasi berkendara ketika banjir.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dian Tami

VIVA.co.id - Hujan deras menyapa hampir seluruh wilayah Jakarta pagi ini. Akibatnya, banyak ruas jalan tergenang dan mengganggu arus lalu lintas.

Salah satunya terjadi di Jalan Panjang, tepatnya di depan Kompleks Perumahan Green Garden, Jakarta Barat. Ketinggian air yang mencapai 30 sentimeter, mengganggu laju kendaraan dari kedua arah.

Menurut petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kedoya Utara, Sumardi Daud, banjir sebenarnya telah terjadi sejak Jumat, 26 Fenruari 2016. Walaupun sempat surut, namun tingginya curah hujan dan buruknya sistem drainase membuat ketinggian genangan air bertambah tinggi pagi ini.

"Dua hari itu, kita diguyur hujan. Bahkan, hari Jumat lebih dari sekarang. Seandainya hujan terus maka akan semakin tinggi (banjir). Masalah penanganan drainase, kami dari PPSU sudah semaksimal mungkin," katanya, Minggu, 28 Februari 2016.

Akibat banjir yang terjadi, terlihat beberapa pemilik sepeda motor harus mendorong kendaraannya, karena mogok menerjang banjir.

"Lewat jalur busway biasanya kita kasih arahan supaya tidak mogok, soalnya yang jalur busway itu ketinggiannya tidak sedalam yang dipinggir sebelah kiri," kata  Sumardi.

Meski demikian, banjir yang melanda daerah ini tidak menimbulkan kemacetan karena minimnya volume kendaraan yang melintas di akhir pekan.

Anggaran Banjir Minim, Belum Semua Sungai Dibenahi
Sungai Ciliwung

Kerusakan di Daerah Aliran Sungai Kian Parah

Banyak yang sudah alih fungsi lahan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016