Begini Kondisi Gorong-gorong di Bawah Kota Jakarta

Suasana di dalam gorong-gorong
Sumber :
  • Foe Peace - VIVA.co.id

VIVA.co.id - Suku Dinas Tata Air Jakarta Pusat sampai saat ini masih melakukan pembersihan limbah kulit kabel yang memenuhi gorong-gorong di bawah Jalan Medan Merdeka Selatan, Minggu, 6 Maret 2016.

Sampah Kabel Muncul Lagi di Jalan Medan Merdeka
Sebanyak 30 petugas dari aliran tengah Dinas Tata Air pun diterjunkan untuk melakukan pembersihan di saluran air dari Wisma Antara sampai gedung Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).
 
Sebagian Sampah dari Gorong-gorong Masih di Kelurahan
"Kami tuntaskan dahulu yang ini. Saat ini Medan Merdeka Selatan, nanti langsung masuk ke Budi Kemuliaan." ujar Kepala Suku Dinas Tata Air Jakarta Pusat Dicky Suherlan saat ditemui di lokasi.
 
Ban Bekas hingga Helm Ada di Gorong-gorong Gatot Subroto
Dia menjelaskan, menurut petugas kondisi di dalam saluran air gelap dan pengap. Dengan demikian, diperlukan alat yang lengkap guna mendukung dalam melakukan pembersihan ini.
 
"Di bawah gelap jadi harus pakai headlamp. Di bawah juga pengap, kalau sudah enggak kuat naik ke atas lagi," ujar salah seorang petugas Pemeliharaan Aliran Tengah Dinas Tata Air Jakarta Pusat, atau yang juga disebut Pasukan Biru.
 
Sementara itu, Kabid Sungai dan Pantai Sistem Aliran Timur Dinas Tata Air Jakarta Pusat Maryono mengatakan, selain gelap dan berlumpur, kondisi air di saluran yang mencapai setinggi dada orang dewasa juga menghambat kerja petugas untuk membersihkan saluran air.
 
"Ada keluhan dari petugas yang menuju arah gedung Bank Indonesia airnya agak tinggi, airnya sampai setinggi dada. Jadi, nanti metodenya airnya dipompa dulu, nanti baru ketahuan penyebabnya yang menghambat," ujar Maryono, di lokasi pembersihan saluran air di Jakan Medan Merdeka Selatan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya