Gerhana Matahari Bisa Dilihat di Planetarium Cuma 1 Menit

Gerhana matahari parsial
Sumber :
  • AP Photos/MTI,Lajos Nagy

VIVA.co.id – Narasumber astronomi Planetarium dan Observatorium Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta,  Cecep Nurwendaya mengatakan, 600 orang pertama yang datang ke Planetarium Taman Ismail Marzuki (TIM) untuk nonton bareng Gerhana Matahari Total (GMT) di sana akan mendapatkan suvenir.

Jangan Kelewat, Ini Waktu Gerhana Matahari di Jakarta

"600 orang pertama dapat suvenir yang kaitannya dengan astronomi dan planetarium. Misalnya buku, peta bintang, peta bulan," katanya di Planetarium, TIM, Menteng, Jakarta Pusat Selasa, 8 Maret 2016.

Cecep juga menjelaskan, untuk warga yang mau melihat langsung GMT di tempatnya dengan menggunakan teleskop yang telah disediakan, diberikan waktu masing-masing satu orang satu menit lamanya.

Mau Lihat Gerhana Matahari Cincin Besok? Cek Wilayah dan Waktunya!

Bagi yang belum puas melihat lewat teropong, Cecep menjelaskan warga yang hadir ke sana bisa nonton bareng dengan menggunakan proyektor yang telah disiapkan.

"Jadi besok itu satu menit sekali (lihat pakai teropong). Itu amannya. Selain itu, juga menghindari antrean yang panjang. Pasti kan yang mau lihat banyak dan besok itu acaranya peliputan dan observasi Gerhana Matahari Parsial. Lalu, nonton bersama live streaming GMT," kata dia.

Gerhana Matahari Total Muncul Lagi Tahun Depan

Baca juga:

Teleskop untuk melihat gerhana matahari di Jakarta

4 Teropong Raksasa Disiapkan untuk Lihat Gerhana Matahari dari TMII

Disediakan kacamata juga.

img_title
VIVA.co.id
26 Desember 2019