Terungkap, Kulit Kabel di Got Istana Sisa Pencurian

Kulit kabel yang menyumbat gorong-gorong di Jalan Merdeka Selatan.
Sumber :
  • Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Direktorat Kriminal Khusus Polda Metro Jaya menyatakan, kulit kabel yang berada di got Istana yang menyebabkan banjir di kawasan ring satu itu ternyata sisa pencurian.

Anies Sebut Kabel di Got Jalan Merdeka Hasil Curian

Selain tumpukan kabel, polisi yang melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) berupa penyusuran saluran juga menemukan sejumlah peralatan yang diduga digunakan untuk melakukan pencurian.

"Kita temukan di gorong-gorong ada gergaji besi, senter, linggis, dan kantung-kantung bekas makanan," ujar Dirkrimsus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Mujiono di Balai Kota DKI, Kamis, 10 Maret 2016.

Soal Temuan Sampah Kabel, DKI Akan Lapor Polisi

Mujiono kembali mengunjungi Balai Kota untuk melaporkan hasil penyelidikan polisi terkait temuan lapisan kabel kepada Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Mujiono mengatakan, polisi menduga pelaku beroperasi secara berkelompok. Selain peralatan dan lapisan kabel, polisi juga menemukan sisa tembaga dari kabel yang tidak diambil.

Sampah Kabel Muncul Lagi di Jalan Medan Merdeka

Dugaan sementara menyimpulkan bahwa kabel-kabel bawah tanah digergaji dan diambil tembaganya. Sementara, lapisan pelindung (armour) dibuang begitu saja. Hal itu yang menyebabkan saluran air bawah tanah tersumbat yang diikuti adanya tuduhan sabotase oleh Ahok karena kawasan Ring I Istana sempat terendam saat air tak terbuang ke Kali Krukut.

"Sekarang barang-barang yang kami temukan sudah disita, sementara sisa tembaga kami kirim ke laboratorium untuk menemukan pemilik kabel," ujar Mujiono.

Baca juga:

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya