Enam 'Tikus' Kabel Ini Bisa Dua Hari Hidup di Got Istana

Polisi ungkap pencurian isi kabel di got Istana
Sumber :
  • VIVA.co.id / Bayu Nugraha

VIVA.co.id – Pelaku pencurian isi kabel di got Jalan Medan Merdeka Selatan ditangkap satuan aparat Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya.

Anies Sebut Kabel di Got Jalan Merdeka Hasil Curian

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Mujiyono, mengatakan, saat beraksi, pelaku bisa berhari-hari di dalam gorong-gorong.

"Jadi mereka masuk gorong-gorong ada yang bertahan bisa dua hari, sehari, ada juga 10 jam," ujar Mujiyono di Mapolda Metro Jaya, Jumat 11 Maret 2016.

Soal Temuan Sampah Kabel, DKI Akan Lapor Polisi

Jika memang mendengar penjelasan Mujiyono, rasanya wajar mengingat barang bukti yang diamankan pihak kepolisian ada lampu senter kepala, tenda bahkan ada bekas makanan dan minuman yang diperkirakan dimakan oleh pelaku saat di dalam gorong-gorong tersebut.

Lebih lanjut, Mujiyono menuturkan, para tersangka ini mengetahui target pencurian dengan melihat bahwa salah satu instansi tengah bongkar kabel perbaikan di bawah trotoar.

Sampah Kabel Muncul Lagi di Jalan Medan Merdeka

"Dengan hal tersebut mereka tahu bahwa di bawah banyak kabel termasuk kabel yang sudah tidak digunakan, mungkin rekan-rekan kalau ikut ke TKP heran di bawah itu banyak sekali kabel, baik Telkom maupun PLN. Makanya, ke depan perlu diatur khusus supaya di bawah Jakarta ini enggak ada timah, tembaga yang tersisa karena sisa-sisa kabel," ucapnya.

Mujiyono juga menyebut, para tersangka memang spesialis pencurian gorong-gorong yang sudah mengetahui jenis kabel tersebut.

"Tersangka ini sudah ahlinya di bidang perkabelan, tersangka juga sudah tahu bentuk kabelnya, mereka juga sudah tahu ini jabel lama apa baru, tersangka pun diduga mengetes kabel tersebut di dalam gorong-gorong," ujarnya.

Mengenai dimana mereka menjual hasil curian tembaga dan timahnya, para tersangka menjualnya masih sekitaran lingkungan Jakarta.

"Sampai saat ini para tersangka jual di lingkungan Jakarta saja. Jadi barang ini cukup laku di Jakarta baik timah maupun tembaga," kata dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya