Ditemukan 45 Makam Palsu di TPU Jakarta Timur

Salah satu makam fiktif
Sumber :
  • Anwar Sadat - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Suku Dinas Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Timur menemukan 39 makam fiktif di sejumlah Tempat Pemakaman Umum di Jakarta Timur.

Pemilik Makam Fiktif Harus Secepatnya Kembalikan Izin

Setelah melakukan penelusuran, ternyata jumlah makam palsu itu terus bertambah. Sejauh ini petugas sudah menemukan 45 makam yang teridentifikasi sebagai makam palsu.

"Kemungkinan masih akan terus bertambah, kami terus melakukan pengecekan," kata Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Timur, Christian Tamora Hutagalung kepada wartawan Selasa, 26 Juli 2016.

Total Ada 422 Makam Fiktif, Semua Tersebar di Jakarta

Christian mengatakan, pihaknya mendeteksi makam palsu dengan cara mengecek Izin Penggunaan Tanah Makam (IPTM). IPTM akan dilihat data ahli waris, setelah itu akan langsung dikonfirmasikan kepada ahli waris. Dari situ akan diketahui apakah makam tersebut makam yang nyata atau fiktif.

"Kami tetap menggunakan panduan dari dinas pertamanan dan pemakaman DKI untuk mengidentifikasi. Misalnya, makam itu terdapat gundukan tanahnya tapi tak ada nisannya atau sebaliknya," ujar Christian.

Hari Ini Djarot Temukan 10 Makam Fiktif

Seperti diberitakan sebelumnya, Suku Dinas Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Timur menemukan sebanyak 39 makam Fiktif di Jakarta Timur. Jumlah tersebut tersebar di empat TPU. Seperti TPU Pondok Ranggon, TPU Penggilingan, TPU Utan Kayu dan TPU Pondok Kelapa.

Makam fiktif terbanyak ditemukan di TPU Pondok Ranggon. Dengan jumlah sebanyak 28 makam yang terindikasi sebagai makam palsu. (ase)

Ziarah di suatu pemakaman umum.

Di Banten, Meninggal Dunia Wajib Siapkan Uang Rp3 Juta

Warga mengeluhkan biaya pemakaman terlampau besar

img_title
VIVA.co.id
24 Agustus 2016