Modus Makam Fiktif di TPU Menteng Pulo Terungkap

Pembongkaran makam fiktif di TPU Menteng Pulo.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Irwandi

VIVA.co.id – Suku Dinas Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Selatan membongkar sebelas makam fiktif di Taman Pemakaman Umum (TPU) Menteng Pulo, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis 28 Juli 2016. Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Selatan, Muhammad Iqbal, mengatakan dugaan makam fiktif di TPU Menteng Pulo sekitar empat belas unit.

Pemilik Makam Fiktif Harus Secepatnya Kembalikan Izin

Namun, yang sudah dilakukan pembongkaran sebanyak sebelas makam. "Total dibongkar ada 11, diduga ada 14 makam fiktif," kata Iqbal di lokasi.

Praktik makam fiktif itu diperkirakan sudah dilakukan sejak tahun 2015. Modus untuk mengelabui juga terbilang cerdas, yakni dengan membuat gundukan dan nisan seperti lazimnya kuburan asli yang lainnya.

Iqbal mengatakan, meskipun para pemain makam fiktif mengelabui dengan membuat gundukan dan nisan menyerupai makam asli lainnya. Hal itu bisa terkuak setelah dilakukan pengecekan data makam dan ahli waris beserta Ijin Penggunaan Tanah Makam (IPTM).

"Yang pertama, nisan ada gundukan ada, IPTN ada (Izin Penggunaan Tanah Makam) mayat kagak tau. 4 indikator itu kita pakai (untuk mengecek). Indikator sampai ketahuan di iptn nya (kalau makamnya fiktif) dan data," kata Iqbal.

(ren)
 

Total Ada 422 Makam Fiktif, Semua Tersebar di Jakarta
Ziarah di suatu pemakaman umum.

Di Banten, Meninggal Dunia Wajib Siapkan Uang Rp3 Juta

Warga mengeluhkan biaya pemakaman terlampau besar

img_title
VIVA.co.id
24 Agustus 2016