Pilkada DKI 2017

Nasihat Ahok agar Wanita Jakarta Tak Ditinggal Suami

Calon Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnam di Rumah Lembang.
Sumber :
  • Fajar GM - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Calon Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, memiliki program supaya para istri di Jakarta, tidak ditinggal suami mereka. Menurut Ahok, program itu terinspirasi dari kondisi warga di kampung halamannya, Belitung Timur.

PKB Niat Usung Ida Fauziyah di Pilkada DKI, tapi Masih Butuh 10 Kursi Parpol

Di sana, para suami tidak betah berada di rumah. Mereka lebih memilih menghabiskan waktu di kafe-kafe bersama perempuan penghibur. Hal itu, menurut Ahok, dikarenakan para istri di Belitung Timur tidak gemar merawat diri. Akibatnya, para suami tidak betah menghabiskan waktu bersama istri mereka.

"Gigi enggak dirawat, di rumah senangnya pakai daster melulu," ujar Ahok, berbicara kepada para pendukungnya di Rumah Lembang, markas pemenangan Ahok-Djarot di Pemilihan Kepala Daerah DKI 2017 di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 15 Desember 2016.

Anies Tunggu Istikharah dari Cak Imin untuk Maju Pilkada DKI 2024

Ahok menyampaikan keluhan yang kerap diterima dari para suami di Belitung Timur pada saat ia menjabat menjadi bupati di kabupaten yang terletak di Bangka Belitung itu.

Di Jakarta, ia melihat hal itu bisa dicegah. Salah satu caranya, dengan memperhatikan kesehatan gigi wanita Jakarta sebelum menikah.

Sinyal Anies Maju Pilkada DKI 2024, PKS: Kalau Memang Cocok, Why Not?

Ahok mengatakan, program sebenarnya telah dijalankan di masa kepemimpinannya saat ini. Para penyuluh kesehatan di kelurahan, kerap mengimbau para wanita di lingkungan mereka rutin memeriksa kesehatan gigi ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Jika petugas Puskesmas menemukan gigi mereka bermasalah atau bolong, gigi mereka akan dicabut dan biaya perawatannya ditanggung pemerintah.

Dengan demikian, Ahok mengatakan, gigi para wanita di Jakarta akan terus terawat. Saat menikah, kondisi gigi yang awalnya buruk tidak akan membuat penampilan mereka berubah.

Ahok mengatakan, sepengetahuannya, kondisi gigi yang buruk adalah salah satu faktor yang bisa membuat penampilan wanita berubah saat menua. Ahok tidak ingin hal itu terjadi. Sehingga, para suami di Jakarta tidak akan meninggalkan istri mereka yang bisa menciptakan ketidakharmonisan di keluarga.

"Saya kenal wanita yang waktu mudanya cantik. Dia menikah, giginya bolong, mukanya jadi peot, dia jadi jelek. Itu enggak baik. Suami nanti bisa cari yang baru," ujar Ahok. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya