Perayaan Natal, Gereja Katedral Pakai Dekorasi Betawi

Perayaan Natal di Gereja Katedral
Sumber :
  • VIVA.co.id/Foe

VIVA.co.id – Gereja Katedral Jakarta mengusung tema 'Hari ini telah lahir bagimu Juru Selamat yaitu Kristus Tuhan di Kota Daud’ pada perayaan Hari Raya Natal tahun ini. Yang menarik, gereja didesain dengan dekorasi Betawi.

Momen Ganjar Tengok Perayaan Natal di Asrama Mahasiswa Papua

"Tema Natal kita yaitu Hari ini telah lahir bagimu Juru Selamat yaitu Kristus Tuhan di kota Daud," ujar salah satu Romo Gereja Katedral, Romo Kristiono di Gereja Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Sabtu 24 Desember 2016.

Menurut Romo Kristiono, dekorasi Betawi dipilih untuk menunjukkan semangat Hari Raya Natal dengan suasana Jakarta. "Agar cita rasa Natalnya men-Jakarta, bahwa Santa Claus juga bisa loh, itu kan budaya, dalam wajah betawi. Menghadirkan Juru Selamat dalam kehidupan sehari-hari di Jakarta," katanya.

Pesan Natal Paus Fransiskus: Dialog untuk Sembuhkan Dunia

Hal serupa juga disampaikan Humas Panita Natal 2016 Gereja Katedral, Bernard Hidayat terkait tema dekorasi itu. Bernard dengan tegas mengatakan bahwa tema Betawi dipilih bukan karena ada kaitannya dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017 mendatang.

"Mau siapapun gubernurnya masih Betawi juga. Natal itu kesannya kesederhanaan, mengajak umat membaca simbol-simbol, melihat bahwa budaya betawi bisa digunakan untuk budaya Natal," kata dia menambahkan.

Begini Cara Wali Kota Malang Deteksi Kerumunan Agar Tak Kena Covid

Dari pantauan di lokasi, banyak pernak-pernik khas betawi dipadupadankan dengan ornamen-ornamen khas Natal. Pernak-pernik khas betawi yang nampak di sana, ada sebuah delman, juga ada ondel-ondel dalam ukuran kecil berbentuk banner.

Penumpang KAI

KAI Tolak 10.432 Penumpang saat Libur Natal, Ini Alasannya

Pada periode libur Natal yakni 24-26 Desember 2021, PT KAI melayani 146.634 pelanggan KA Jarak Jauh atau rata-rata 48.878 pelanggan per hari.

img_title
VIVA.co.id
27 Desember 2021