Delegasi Asing Tinjau Pilkada di Rutan Pondok Bambu

Sejumlah peninjau dari negara asing meninjau TPS di Rutan Pondok Bambu
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Eduward Ambarita

VIVA.co.id – Sejumlah 36 delegasi dari berbagai negara memantau jalannya Pemilihan Kepala Daerah  serentak 2017. Mereka mengikuti program 'Election Visit' yang diadakan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia. 

Anies Sebut Ditinggal Wakilnya Saat Jabat Gubernur DKI Jakarta: Saya Jadi Jomblo

Pantauan VIVA.co.id delegasi dari negara asing itu langsung memantau jalannya pelaksanaan pemungutan suara ke lokasi Rumah Tahanan Kelas II A, Cipinang Jakarta Timur. Lokasi Tempat Pemungutan Suara berada di aula rutan yang dihuni warga binaan khusus wanita ini.
 
Perwakilan datang dari berbagai unsur yakni delegasi organisasi nonprofit, penyelenggara pemilu negara asing hingga kedutaan besar yang bertugas di Indonesia.

Saat tiba di lokasi, mereka langsung mengecek satu per satu alat di TPS mulai dari kertas suara, bilik kotak suara sampai tinta bagi pemilih yang usai mencoblos.

Bungkam Fadli Zon, Jubir PKS: Anies Tepati Janjinya Tak Maju Jadi Capres 2019 Walau Digoda Prabowo

Lokasi pencoblosan ini merupakan TPS 95 yang termasuk ke dalam wilayah Kelurahan Pondok Bambu. 

Dalam kunjungan ke Rutan Pondok Bambu, delegasi yang hadir didampingi oleh Komisioner KPU Haysim Asy'ari. Negara yang terlibat dalam pemantauan kegiatan ini di antaranya, Malaysia, Thailand, Filipina, Sri Lanka, Bangladesh, Mesir, Australia, Nepal, Korea Selatan. 

Terpopuler: Cukai Bikin Harga Rokok Naik hingga Prabu Revolusi Dipecat TPN Ganjar-Mahfud

Sebelumnya, Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengatakan,  program ini telah dua kali dilaksanakan. Sebelumnya dilakukan pada Pilkada serentak pertama pada akhir Desember 2015. 

"Kegiatan ini untuk menunjukkan kepada peserta bahwa demokrasi di Indonesia telah berkembang. Banyak faktor di Pilkada Indonesia yang juga bisa diterapkan di negara mereka," kata Ferry, Selasa, 14 Februari 2017.

Rencananya, mereka akan mengunjungi beberapa lokasi di antaranya Rutan Tahanan Kelas II A Pondok Bambu dan Rumah Tahanan Cipinang. 
 

Tonton video Suara Jakarta terkait Pilkada DKI Jakarta 2017 di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya