Ketinggian Air Ciliwung Bisa Meningkat Jika Hujan Tak Reda

Pintu air Katulampa Bogor.
Sumber :
  • VIVAnews/Ayatullah Humaeni

VIVA.co.id – Ketinggian muka air Sungai Ciliwung di pintu air Karet, Jakarta Pusat, diperkirakan bakal mengalami peningkatan jika hujan terus mengguyur wilayah Jakarta hingga sore nanti.

40 RT dan 5 Ruas Jalan Jakarta Masih Terendam Banjir

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Husein Murad, saat ini ketinggian permukaan air di pintu air Karet masih dalam kondisi normal atau berada dalam status siaga IV.

"Ini siaga empat, kalau masuk siaga tiga itu 450 sentimeter (cm) ke atas. Kemungkinan masih bisa naik kalau hujan intensitasnya tetap sampai sore mungkin bisa naik karena 410 cm ke 450 cm itu (cuma beda 40) kalau hujannya tidak berhenti-berhenti bisa siaga tiga," ujar Husein, Senin, 20 Februari 2017.

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

Sementara itu, menurut Husein, berdasarkan pantauan di hulu Sungai Ciliwung yakni di Bendungan Katulampa, Kota Bogor, ketinggian air masih mencapai 50 cm atau berada dalam status siaga IV.

Kondisi ini dinilai normal dan belum berdampak adanya banjir kiriman ke wilayah hilir, yaitu ke Jakarta. Meski demikian, ketinggian air bisa saja meningkat jika wilayah Puncak dan Kabupaten Bogor dilanda hujan

28 RT di Jakarta Terendam Banjir, Hek Kramat Jati Mulai Surut

"Untuk kiriman air saat ini belum ada, karena di Katulampa masih 50 cm, siaga empat semua masih aman," ujar Husein.

BPBD meminta warga Jakarta untuk tetap waspada, terutama bagi mereka yang bermukim di sepanjang bantaran sungai. (one)

Warga Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat (Jakbar), terpaksa harus melakukan pencoblosan ditengah genangan air akibat banjir saat Pemilu 2024 di tempat pemungutan suara (TPS) 039.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU DKI Jakarta, Dody Wijaya mengatakan pihaknya tentu berupaya mengantisipasi bencana banjir yang dapat terjadi saat proses p

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024