8 Dokter Spesialis Tangani Wanita Telanjang di RS Polri

VM saat dibawa petugas Polsek Tamansari ke RS Polri.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur menyiapkan delapan dokter khusus untuk menangani VM, wanita yang muncul telanjang di beberapa tempat umum di Jakarta.

RS Polri Ungkap Penyebab Kematian 3 Korban Pesawat Jatuh di BSD: Banyak Luka Benturan

Menurut Kepala Bidang Pelayanan Medik dan Keperawatan RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, dr Yayok Witarto, delapan dokter itu berasal dari berbagai keilmuan medis alias dokter spesialis.

"Ditangani oleh dokter spesialis, diketuai oleh dokter spesialis jiwa, psikiater ada tiga, kemudian juga ada tiga psikolog, dan ada dokter spesialis dalam, dan dokter gizi," kata Yayok, Rabu, 7 Juni 2017.

Sri Mulyani Rancang Anggaran Kesehatan 2025 Rp 217,8 Triliun, Termasuk Buat Gizi Anak-Ibu Hamil

Yayok menuturkan, dokter spesialis gizi dibutuhkan karena yang bersangkutan kekurangan asupan nutrisi. 

Sementara itu, dr Henny Riana yang merupakan dokter spesialis jiwa yang menangani VM mengatakan, sudah ada beberapa pemeriksaan dilakukan terhadap. Diawali dengan wawancara dan pemeriksaan lanjutan.

Tiga Jenazah Pesawat Jatuh di BSD Tangsel Tiba di RS Polri

"Ya kalau pemeriksaannya itu kan kita mulai dari wawancara psikiatri, ada pemeriksaan. Semuanya iya dokter, tapi kan ini lebih khusus ya. Jadi memang ada pemeriksaan psikiatri ada pemeriksaan tertulis. Jika dimungkinkan ya, psychometry disesuaikan dengan kebutuhan yang ada," ujar Henny.

Selama mendapat perawatan dari delapan dokter, VM ditempatkan di salah satu kamar yang ada di Ruang Cenderawasih I, RS Polri.

Ruang Cenderawasih I memiliki empat  lantai. Ruangan Cenderawasih I terdiri dari kelas I dan II. Berdasarkan informasi yang didapat, kamar-kamar di ruang Cenderawasih diisi oleh satu sampai dua orang tiap ruangannya. Dengan kata lain, bisa disebut ruangan tempat VM dirawat adalah untuk pasien kelas menengah.

Sebelumnya, VM sempat membuat heboh Jakarta, karena muncul di sekitar kawasan Mangga Besar, Jakarta Barat dalam kondisi telanjang. Dia terekam muncul di beberapa lokasi berbeda, seperti di Apotek dan jalan raya.

Di Apotek, wanita itu datang berbelanja obat hanya mengenakan celana dalam tanpa bra. Sementara di jalan raya, wanita itu terekam kamera warga saat berjalan seorang diri hanya memakai bra tanpa memakai celana dalam.

VM akhirnya berhasil ditemukan polisi tinggal di sebuah apartemen di kawasan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin 5 Juni 2017 malam. Setelah ditemukan wanita itu langsung dibawa ke Polsek Metro Tamansari untuk diperiksa.

Namun, karena keterangannya yang kerap berubah, pada akhirnya polisi mengirim VM ke RS Polri, Kramat Jati untuk diperiksa kondisi kejiwaannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya