Hujan Perparah Kemacetan di Jalan Jakarta Malam Ini

Diguyur hujan Jakarta macet
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA – Hujan yang menguyur hampir sebagian besar wilayah Jakarta memperparah kemacetan lalu lintas pada jam pulang kantor, Kamis malam, 19 Oktober 2017.

Hujan Deras, 10 RT dan 1 Ruas Jalan di Jakarta Barat Banjir

Berdasarkan informasi dari masyarakat melalui twitter @TMCPoldaMetro, kepadatan lalu lintas tidak hanya terjadi di ruas jalan arteri di dalam kota, tapi juga terjadi di jalan tol.

Hampir seluruh ruas Tol Dalam Kota pada malam ini mengalami kepadatan lalu lintas. Kondisi serupa juga terjadi di ruas Tol Jagorawi baik dari Cawang menuju Cibubur maupun sebaliknya.

Ratusan Rumah di Pondok Pinang Terendam Banjir 1 Meter Lebih

Sementara di jalan utama Jakarta, seperti Jalan Sudirman maupun Thamrin, sekitar Dukuh Atas kemacetan terpantau di kedua arah. Kepadatan lalu lintas terjadi di kawasan Kuningan.

Baik dari arah Karet Bivak yang menuju kawasan Kampung Melayu, juga dari Kuningan yang menuju Mampang Prapatan dan Jalan Buncit Raya. Hujan membuat kendaraan berjalan lebih lambat.

Hujan Deras Sabtu Dini Hari di Ibu Kota Buat Jalan Tol Banjir

Khusus di kawasan Jalan Tendean, kemacetan terjadi dari berbagai arah. Penyebab utama tentu penyempitan jalan akibat proyek jalan layang. Kemacetan juga terpantau di Jalan Iskandarsyah menuju Kemang.

Kondisi serupa juga terjadi di kawasan Fatmawati. Baik yang mengarah ke Ragunan dan TB Simatupang, maupun yang mengarah ke Pondok Labu, Lebakbulus dan dari arah Blok M, semua ruas terpantau padat. Berdasarkan informasi, menuju Citos bahkan sampai 20 menit tidak bergerak. Petugas terpantau terus berupaya untuk melakukan pengaturan lalu lintas.

Situasi arus lalu lintas di Jalan Raya Pasar Minggu juga terpantau ramai lancar di kedua arah. Kepadatan terjadi di kawasan Tanjung Barat dari berbagai arah. Baik yang menuju Lenteng Agung maupun yang menuju Fatmawati dan Kampung Rambutan.

Sementara di ruas tol, petugas PJR menginformasikan terus melakukan pengaturan lalin di off-ramp Jatinegara. Situasi arus lalin arah Tanjung Priok dan sebaliknya padat.

Demikian juga di Jalan DI Panjaitan Jaktim situasi lalu lintas padat. Baik dari arah Rawamangun maupun yang menuju arah sebaliknya. Kepadatan juga terjadi di ruas jalan Kalimalang yang menuju Bekasi.

Malam ini, petugas Satlantas Jakpus juga terus melakukan pengaturan lalu lintas di perempatan Salemba situasi sangat padat. Terutama di ruas Matraman yang mengalami penyempitan akibat pembangunan underpass.

Hujan juga menimbulkan genangan air di jalan-jalan di Jakarta Selatan. Di Jalan Ampera Raya, Cilandak, Jakarta Selatan, misalnya. Banjir di kawasan itu mencapai 25 sentimeter. Banjir juga terjadi di kawasan Kemang Timur. Banjir melanda dengan ketinggian 25 sentimeter. Banjir pun terjadi di Jalan TB Simatupang, depan Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan. Genangan air juga ada di depan Stasiun Tanjung Barat.

Tak hanya itu. Hujan dan angin mengakibatkan pohon tumbang di Jalan Benda Bawah RT 06/04, Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Satu unit tim rescue dikerahkan untuk mengevakuasi pohon tumbang. Pohon tumbang juga terjadi di depan Trakindo, Jakarta Selatan. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya