Dishub DKI Sebut Masih Ada 314 Becak di Jakarta

Ilustrasi tukang becak
Sumber :
  • becak

VIVA – Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko mengemukakan, saat ini terdapat sekitar 314 becak di Jakarta. Namun, sejumlah 141 di antaranya tak beroperasi lantaran rusak.

Tukang Becak Bakal Dapat Rumah Gratis dari Pemerintah, Sarana-Prasarananya Lengkap

Data  tersebut, menurut Sigit, berdasarkan survei yang dilakukan Dinas Perhubungan bersama dengan Jaringan Rakyat Miskin Kota (JRMK) pada 7-8 November 2017. Pendataan itu juga terkait penyusunan Community Action Plan (CAP) di 16 kampung.

Nantinya, becak-becak tersebut akan beroperasi sebagai angkutan lingkungan. "Pemantauan kemarin hanya (beroperasi) di lingkungan terbatas," ujarnya kepada VIVA, Rabu, 17 Januari 2018.

Terpopuler: Ketua BEM UI Dicopot, Susi Pudjiastuti 'Sentil' Mahfud MD 

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mewacanakan akan mengizinkan becak kembali beroperasi di Ibu Kota. Nantinya, becak bukan sebagai transportasi umum yang melintas di jalan protokol tetapi sebagai angkutan lingkungan di beberapa titik saja.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sanidaga Uno mengakui, kebijakan untuk mengizinkan becak beroperasi kembali di Jakarta, merupakan bagian kontrak politik yang dibuat saat mengikuti Pilkada DKI 2017 lalu. 

Tukang Becak Kandang Banteng Putuskan Dukung Prabowo karena Merasa Tidak Ada Perubahan Hidup

Menurut Sandiaga, kontrak tersebut ditandatangani Anies Baswedan. "Kontrak politik ini disodorkan untuk Pak Anies dan ternyata ini kontrak politik pemerintah sebelumnya juga. Jadi mereka memiliki beberapa kontrak politik. Jadi ini yang lagi coba kami tunaikan sebagai bentuk satu kesatuan," katanya di Balai Kota, Rabu, 17 Januari 2018.

VIVA Militer: Prajurit Wing Komando I Kopasgat gelar Jum'at Berkah

Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

Mereka menggelar Jumat Berkah dengan membagikan nasi kotak kepada masyarakat kurang mampu, tukang becak, hingga penyandang disabilitas

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024