Sudirman-Ida Janjikan Dana Khusus Perempuan di APBD Jateng

Calon wakil gubernur Jawa Tengah, Ida Fauziah, dalam kunjungannya di sentra UMKM di Desa Wisata Tingkir Lor, Salatiga, pada Selasa, 20 Februari 2018.
Sumber :
  • VIVA/Dwi Royanto

VIVA – Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah, Sudirman Said-Ida Fauziah, berkomitmen menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah yang berpihak atau pro perempuan. Menurut mereka, itu salah satu solusi menekan angka kemiskinan yang masih cukup tinggi di Jawa Tengah.

PKB Bakal Usung Ida Fauziyah-Hasbialla Ilyas di Pilkada DKI

Alokasi dana khusus dapat diwujudkan dalam bentuk pemberian akses permodalan yang bisa digunakan untuk usaha rumahan. "Dengan usaha di rumah sendiri, tentu bisa mendapat hasil lebih dan tetap bisa mengurus keluarganya," kata Ida dalam kunjungannya di sentra UMKM di Desa Wisata Tingkir Lor, Salatiga, pada Selasa, 20 Februari  2018.

Mantan Ketua Umum Fatayat NU itu menyoroti masih tingginya jumlah tenaga kerja wanita (TKW) asal Jawa Tengah. Itu tak lepas dari minimnya lapangan kerja bagi mereka di daerah asal. Tak jarang, para TKW asal Jawa Tengah kerap bermasalah di tempat kerjanya di luar negeri.

Baliho Bertebaran Dimana-mana, Kapolda Irjen Luthfi Bantah Ancang-ancang Pilgub Jateng

"Ketika mereka kerja di luar negeri, imbasnya tentu juga pada keluarga, karena jarak yang jauh dan waktu yang lebih lama," kata perempuan yang pernah menjadi anggota DPR termuda Fraksi PKB itu.

Masudah Kholil, seorang pelaku UMKM mengatakan, bahwa akses pemodalan menjadi masalah utama yang dialaminya bersama rekan-rekan kerjanya. Kemudahan mengakses modal usaha akan meningkatkan produktivitas mereka.

Cak Imin Buka Peluang Ida Fauziah Maju Pilgub Jakarta: Kalau Daftar, Silakan

"Jika pemerintah makin mempermudah modal pinjaman atau berupa bantuan langsung, tentu kita sangat terbantu sekali. Kita doakan Bu Ida terpilih dan menjadikan Pemerintah Provinsi lebih baik lagi," ujarnya berharap. (mus)

Anies dan Cak Imin saat umumkan pembubaran Timnas Amin

Cak Imin Terbuka Bila Anies Baswedan Maju Pilkada Jakarta Lewat PKB, juga Siapkan Ida Fauziah

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, mengatakan bahwa partainya tetap terbuka jika Anies Baswedan ingin maju di Pilkada Jakarta tahun 2024 nanti.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024