MUI Sebut Ustaz Somad Tolak Masuk Daftar 200 Mubalig

Ustaz Abdul Somad (UAS).
Sumber :
  • Repro Instagram

VIVA – Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cholil Nafis mengungkapkan isi pertemuan antara MUI dan Kementerian Agama. Pertemuan itu menyikapi polemik di masyarakat terkait daftar 200 nama penceramah yang telah dirilis pemerintah. 

Penghulu dan Penyuluh Dilibatkan Sebagai Aktor Resolusi Konflik Berdimensi Agama

Dalam pertemuan tersebut, sempat dibahas mengenai hal yang juga jadi pertanyaan masyarakat. Yakni mengapa dai seperti Ustaz Abdul Somad tidak masuk dalam daftar tersebut.

Berdasarkan keterangan Kementerian Agama, menurut dia, Abdul Somad telah dihubungi oleh Kementerian Agama. Dia sempat ditawari masuk ke dalam daftar itu namun ditolaknya. 

Peringatan Penting, Hati-Hati dengan Penawaran Haji Tidak Resmi di Media Sosial

"Kalau tadi cerita pak menteri (menteri agama), Ustaz Somad sudah ditelepon tapi menolak, ini keterangan Penerangan Agama Islam," kata Cholil di Kantor MUI Jakarta Pusat, Selasa 22 Mei 2018.

Menurut Cholil, Ustaz Somad sangat memiliki kepantasan sebagai mubalig di Tanah Air. Hanya saja ketika diminta oleh Kementerian Agama, Somad menolaknya dan merasa tidak siap.

Kemenag Berikan Bantuan untuk Pendidikan Islam dan Pesantren: Simak Syarat dan Ketentuannya

"Saya enggak tahu (alasannya). Saya hanya terima penjelasan dari direktur Penais (Penerangan Agama Islam) kenapa ini (Ustaz Somad) enggak masuk," ujarnya.

Cholil mengatakan, penolakan tersebut memang hak pribadi Ustaz Somad. Namun, ia tak mengetahui alasan pastinya. 

"Kalau alasannya saya tidak tahu," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya